Film Parasite Borong 4 Piala Oscar 2020

Kompas.com - 10/02/2020, 12:59 WIB
Sutradara, produser, bintang, serta kru Parasite menerima penghargaan Best Picture atau film terbaik pada Academy Awards 2020, di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (9/2/2020). Kevin Winter/Getty Images/AFPSutradara, produser, bintang, serta kru Parasite menerima penghargaan Best Picture atau film terbaik pada Academy Awards 2020, di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (9/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Parasite berhasil membawa pulang empat Piala Oscar dari perhelatan Academy Award ke 92 yang digelar Minggu malam (9/2/2020) pukul 20.00 waktu setempat di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam perhelatan ini, film arahan sutradara Bong Joon ho ini masuk enam kategori.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2020, Parasite Raup 4 Piala Oscar

Empat kategori yang dimenangkan adalah Sutradara Terbaik, Film Terbaik, International Feature Film, dan Naskah Asli Terbaik.

Sementara dua kategori lain, yakni Best Original Screenplay dan Best Film Editing gagal mereka raih.

Bahkan, Bong Joon ho tak menyangka bisa bersanding dengan sutradara-sutradara yang dia kagumi selama ini.

Baca juga: Berjaya, Parasite Dinobatkan Jadi Film Terbaik Oscar 2020

Dia berhasil mengalahkan sutradara yang selama ini ia idolakan saat masih sekolah dengan film garapannya, Parasite.

"Saat saya di sekolah, saya mempelajari film Martin Scorsese. Hanya masuk nominasi bersama dia adalah kehormatan besar," kata Bong Joon ho.

Parasite adalah film komedi thriller asal Korea Selatan yang menceritakan kehidupan dua keluarga Korea Selatan dengan status kelas yang berbeda.

Baca juga: Parasite Raih Penghargaan International Feature Film Oscar 2020

Perjuangan keluarga kelas bawah yang diperankan Song Kang ho, Lee Jung eun, Choi Woo Shik, dan Park So dam untuk masuk ke dalam kehidupan keluarga kaya yang diperankan oleh Lee Sun kyun dan Cho Yeo jeong.

Film ini tayang perdana di Festival Film Cannes tahun 2019 dan berhasil menjadi film Korea pertama yang memenangkan Palme d'Or.

Selain itu, Parasite juga berhasil meraih penghargaan untuk kategori film berbahasa asing terbaik di Golden Globe Awards.

Baca juga: Keseruan Pemain dan Sutradara Film Parasite Berjalan di Red Carpet Oscar 2020

Di negara asalnya, film Parasite juga dipuji dan memiliki catatan menakjubkan, menjadi film dengan pendapatan tertinggi ketiga di Korea Selatan.

Film ini juga menjadi film dengan pendapatan tertinggi yang pernah dibuat oleh Bong.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X