Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toy Story 4 Raih Oscar, Satu Dekade sejak Film yang Ketiga

Kompas.com - 10/02/2020, 11:06 WIB
Novianti Setuningsih

Penulis

Sumber Variety

KOMPAS.com - Film Toy Story 4 membawa pulang piala Oscar untuk kategori best animated feature atau film animasi terbaik.

Dalam kategori film animasi terbaik, Toy Story 4 berhasil mengalahkan How to Train Your Dragon: The Hidden World, The Missing Link, I Lost My Body, dan Klaus.

Dilansir dari Variety, Senin (10/2/2020), kemenangan Josh Cooley, Mark Nielsen and Jonas Rivera diraih tepat satu dekade setelah Toy Story 3 juga memenangkan penghargaan yang sama.

Baca juga: Taika Waititi Catat Sejarah sebagai Maori Pertama Peraih Oscar

Tak hanya itu, Toy Story 4 menjadi film kesepuluh besutan Pixar yang berhasil meraih Oscar semenjak kategori film animasi terbaik dirilis pada 2001.

Menerima Oscar, sutradara Mark Nielsen mengaku terharu sekaligus bangga karena bersanding dengan film animasi lainnya yang dinilainya juga bagus.

“Kami hanya ingin berterima kasih pada Academy Awards karena memberikan pernghargaan pada film kami dari banyaknya film animasi lainnya tahun ini,” kata Nielsen.

Baca juga: Setelah 18 Tahun, Akhirnya Eminem Bisa Tampil di Panggung Oscar

Selain itu, Nielsen juga mengaku Toy Story 4 adalah film yang dibuat untuk keluarga mereka.

“Kami sangat bangga bisa membuat film keluarga dan Toy Story 4 adalah surat cinta kami untuk keluarga kami,” ujar Nielsen.

Menambahkan, sutradara Josh Cooley mengucapkan terima kasih pada para penggemar setia kisah Woody dan Buzz di Toy Story.

“Kami ingin berterima kasih untuk pencinta film, terutama yang tumbuh bersama Toy Story. Kami harap petualangan kalian dengan Woody dan Buzz membuat tumbuh lebih mudah,” kata Cooley.

Baca juga: Parasite Film Asia Pertama Penerima Oscar Naskah Asli Terbaik

Selain mengalahkan para nominasi lainnya di kategori film animasi terbaik, Toy Story 4 memang meraup pemasukan tertinggi. Total, 434 juta dollar AS di Amerika Utara dan 1,07 miliar dollar AS di dunia.

Toy Story 4 dirilis setelah 24 tahun dari Toy Story pertama dibuat.

Toy Story pertama rilis pada tahun 1995. Dilanjut dengan Toy Story 2 pada 1999. Sementara Toy Story 3 rilis pada 2010.

Baca juga: Menang Oscar 2020, Brad Pitt Berikan Pidato Menyentuh untuk Quentin Tarantino

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com