Kompas.com - 10/02/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Film asal Korea Selatan, Parasite, berhasil meraih Oscar 2020 untuk kategori International Feature Film yang digelar pada Minggu (9/2/2020) pukul 20.00 waktu setempat di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Parasite berhasil menyingkirkan film feature internasional lainnya yang ada dalam kategori ini, yaitu Corpus Christi (Polandia), Honeyland (Makedonia Utara), Les Miserables (Perancis), dan Pain and Glory (Spanyol).

Baca juga: Parasite Film Asia Pertama Penerima Oscar Naskah Asli Terbaik

Disutradarai Bong Joon Ho, Parasite adalah komedi thriller tentang keluarga miskin yang berusaha masuk ke dalam kehidupan keluarga kaya.

Kemenangan Parasite semakin menorehkan kesuksesan Bong Joon Ho setelah sebelumnya juga sukses dengan film Okja dan Snowpiercer.

Baca juga: Lengkap! 8 Pemain Utama Parasite Akan Hadiri Penghargaan Oscar 2020

"Saya menyambut dengan tepuk tangan dan mendukung arah baru yang dilambangkan oleh perubahan ini. Saya sangat siap untuk minum malam ini hingga esok pagi," ucap Bong Joon Ho ketika menerima penghargaan.

Parasite sebelumnya juga pernah meraih Palme d'Or dalam Festival Film Cannes pada Mei 2019.

Baca juga: Parasite Dihadiahi Standing Ovation dari Sineas Hollywood

Sejak saat itu, film ini selalu meraih penghargaan, seperti Bafta dan Golden Globe, untuk kategori film berbahasa asing.

Dalam Oscar 2020 ini, Parasite juga berhasil membawa pulang Oscar untuk kategori Naskah Asli Terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.