Graha Bhakti Budaya di TIM Dibongkar, Sejumlah Seniman Mengenang Sekaligus Bersuara

Kompas.com - 06/02/2020, 17:59 WIB
Pekerja beraktivitas di lokasi proyek revitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Proses revitalisasi TIM yang ditargetkan selesai pada tahun 2021 itu sudah memasuki tahap II yakni membongkar gedung Graha Bhakti Budaya dan Galeri Cipta I. ANTARA FOTO/Aprillio AkbarPekerja beraktivitas di lokasi proyek revitalisasi kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Proses revitalisasi TIM yang ditargetkan selesai pada tahun 2021 itu sudah memasuki tahap II yakni membongkar gedung Graha Bhakti Budaya dan Galeri Cipta I.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah gedung yang berada kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) dibongkar, Kamis (6/2/2020).

Pembongkaran tersebut terkait dengan revitalitasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Akibat pembongkaran tersebut, sejumlah seniman mengenang sekaligus bersuara.

Baca juga: Gedung Graha Bhakti Budaya di TIM Dirobohkan, Pemprov DKI Akan Bangun Hotel

"See you GBB (Graha Bhakti Budaya)," tulis sutradara film Fajar Nugros yang dikutip Kompas.com, Kamis.

Fajar juga mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan gedung GGB dibongkar dengan menggunakan alat berat.

Sedangkan, aktor sekaligus sutradara Teater Koma, Rangga Bhuana, yang merupakan anak dari sutradara teater Nano Riantiarno juga mengunggah foto serupa.

Baca juga: 5 Fakta Bioskop XXI TIM Tutup Permanen Hari Ini

Rangga pun mengenang gedung GBB dengan cerita masa kecilnya, hingga menjadi sutradara dalam pertunjukkan terakhir Teater Koma di tempat tersebut.

Bahkan, dia menyuarakan nasib GBB kini yang selama ini dikenal sebagai pusat kesenian di Jakarta.

"Semoga dibangun gantinya yang lebih bagus. Kalaupun di sampingnya dibangun hotel yang per malamnya 2 juta juga nggak apa-apa. Lebih bagus lagi kalau 10 juta per malam," tulis Rangga pada akunnya, @rangamaru.

"Biar lebih terjangkau oleh kami para seniman yang hobi berendam di bak mandi berlapis emas 24 karat dengan air bertaburkan serpihan intan manikam. #Harapan," tulisnya lagi.

Baca juga: [POPULER ENTERTAINMENT] XXI TIM Tutup Permanen | Billy Syahputra Ditipu Ojol | Glenn Fredly dan Mutia Ayu Menikah

Penyair Nissa Rengganis juga menyampaikan kesedihan dengan dibongkarnya gedung GBB.

"Sebagai anak teater perasaan gw nangis liat foto ini, graha bhakti budaya TIM dirobohkan tadi pagi krn mau dibangun hotel. GBB TIM itu seperti Istiqlalnya anak teater, penuh khidmat jika berada di situ," tulis Ninis lewat akun Twitter-nya, @Rengganis33.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X