Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengungkap Zaghrouta, Gerakan Shakira Menjulurkan Lidah di Super Bowl

Kompas.com - 05/02/2020, 10:06 WIB
Rintan Puspita Sari,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

Sumber billboard

JAKARTA, KOMPAS.com - Penampilan Shakira di paruh waktu pertandingan Super Bowl LIV pada Minggu (2/2/2020) masih menjadi perbincangan hangat.

Salah satu momentum yang langsung ramai diperbincangkan di media sosial adalah ketika Shakira yang sedang beraksi di atas panggung, menggoyangkan lidahnya ke arah kamera tepat sebelum menyanyikan lagu "Hips Don't Lie".

Baca juga: Shakira dan JLo, Penyanyi Latin Pertama Sukses Guncang Panggung Super Bowl

Ekspresi Shakira ini ternyata disebut dengan Zaghrouta.

Zaghrouta rupanya bentuk penghormatan Shakira yang memiliki akar Timur Tengah (Shakira separuh Kolombia dan separuh Lebanon).

Zaghrouta, seperti dijelaskan dalam laman Arab America, jika digambarkan dalam bahasa Inggris adalah sebagai 'ululasi', yakni tradisi bersenandung untuk menghormati seseorang dalam budaya Afrika dan Timur Tengah.

Baca juga: Shakira Minta Karakternya di Zootopia Dibuat Lebih Berisi

Ululasi ini berupa suara yang panjang, bergelombang dengan nada suara tinggi mewakili getaran kegembiraan.

Zaghrouta dihasilkan dengan mengeluarkan suara keras bernada tinggi disertai gerakan lidah ke depan dan ke belakang secara cepat.

Gerakan ini sering digunakan oleh wanita di Timur Tengah dan Afrika Utara untuk mengekspresikan kebahagiaan dan perhelatan, dan umumnya digunakan di acara pernikahan, pesta pertunangan, dan lahirnya anggota keluarga baru.

Baca juga: Shakira Akan Semarakkan Acara Penutupan Piala Dunia 2014

Dalam peristiwa Shakira, dengan dia menunjukkan budayanya di pertunjukan paruh waktu Super Bowl merupakan bentuk perayaan itu sendiri.

Sebagai tambahan Zaghrouta yang dilakukan Shakira, pelantun "Waka Waka" itu juga menarikan tarian asli Kolombia, yaitu Champeta dan Mapale, dua tarian terkenal dari Afro-Kolumbia.

Selain itu, Shakira juga memamerkan kemampuan belly dance-nya saat membawakan lagu "Hips Don't Lie".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com