Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Shahnaz Haque, Cuaca Ekstrem Penyebab Awal Ekki Soekarno Alami Infeksi

Kompas.com - 23/01/2020, 18:28 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suami Soraya Haque, Ekki Soekarno, kini kondisinya sudah membaik usai mengalami infeksi paru-paru dan serangan jantung pada 16 Januari 2020 lalu.

Saat ini, Ekki sudah dipindahkan dari ruang ICU RSPI Bintaro sejak 22 Januari kemarin.

Menurut adik Soraya, Shahnaz Haque, penyebab awal Ekki terbaring lemah adalah cuaca ekstrem yang dirasakannya saat pergi ke Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Kata Shahnaz, paru-paru Ekki yang ternyata sudah bermasalah karena ia perokok berat, memberikan reaksi yang tak terduga.

Baca juga: Bantuan Pernapasan Dilepas, Ekki Soekarno Mulai Bisa Bicara

"Jadi paru-paru Ekki ketemu cuaca ekstrem dingin di Korea, paru-paru ini akhirnya memberikan reaksi untuk menunjukkan bahwa ada yang salah," ucap Shahnaz saat ditemui usai acara diskusi di Mal Bintaro X-change, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/1/2020).

Hal ini, Shahnaz ketahui setelah ia dan keluarga berbincang dengan tim dokter yang menangani Ekki.

Shahnaz mengatakan, apa yang dikatakan tim dokter memang benar karena jarak waktu setelah Ekki dan keluarga pulang dari Korea berdekatan dengan ketika Ekki mengalami drop hingga dinyatakan mengalami infeksi paru-paru dan serangan jantung.

Baca juga: Keluarkan Cairan di Paru-paru, Ekki Soekarno Bakal Jalani Terapi Uap

"Nah, dari cuaca ekstrem dingin, pulang ke Indonesia cuacanya berbeda, paru-paru itu sepertinya kaget juga," ucap Shahnaz.

Saat ini, yang terpenting kata Shahnaz, pihak keluarga terus memantau bersama kondisi Ekki dan pola hidup sehat yang harus dijalani.

"Tugas kami keluarga beri semangat, dorong konsumsi makanan bergizi dan yang pasti stop merokok (pada Ekki Soekarno)," ucapnya.

Baca juga: Kondisi Ekki Soekarno Makin Membaik, Soraya Haque: He’s Back!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com