Kompas.com - 23/01/2020, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suami Soraya Haque, Ekki Soekarno, kini kondisinya sudah membaik usai mengalami infeksi paru-paru dan serangan jantung pada 16 Januari 2020 lalu.

Saat ini, Ekki sudah dipindahkan dari ruang ICU RSPI Bintaro sejak 22 Januari kemarin.

Menurut adik Soraya, Shahnaz Haque, penyebab awal Ekki terbaring lemah adalah cuaca ekstrem yang dirasakannya saat pergi ke Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Kata Shahnaz, paru-paru Ekki yang ternyata sudah bermasalah karena ia perokok berat, memberikan reaksi yang tak terduga.

Baca juga: Bantuan Pernapasan Dilepas, Ekki Soekarno Mulai Bisa Bicara

"Jadi paru-paru Ekki ketemu cuaca ekstrem dingin di Korea, paru-paru ini akhirnya memberikan reaksi untuk menunjukkan bahwa ada yang salah," ucap Shahnaz saat ditemui usai acara diskusi di Mal Bintaro X-change, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/1/2020).

Hal ini, Shahnaz ketahui setelah ia dan keluarga berbincang dengan tim dokter yang menangani Ekki.

Shahnaz mengatakan, apa yang dikatakan tim dokter memang benar karena jarak waktu setelah Ekki dan keluarga pulang dari Korea berdekatan dengan ketika Ekki mengalami drop hingga dinyatakan mengalami infeksi paru-paru dan serangan jantung.

Baca juga: Keluarkan Cairan di Paru-paru, Ekki Soekarno Bakal Jalani Terapi Uap

"Nah, dari cuaca ekstrem dingin, pulang ke Indonesia cuacanya berbeda, paru-paru itu sepertinya kaget juga," ucap Shahnaz.

Saat ini, yang terpenting kata Shahnaz, pihak keluarga terus memantau bersama kondisi Ekki dan pola hidup sehat yang harus dijalani.

"Tugas kami keluarga beri semangat, dorong konsumsi makanan bergizi dan yang pasti stop merokok (pada Ekki Soekarno)," ucapnya.

Baca juga: Kondisi Ekki Soekarno Makin Membaik, Soraya Haque: He’s Back!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.