Sinopsis Film Nyanyian Akar Rumput, Semburat Wiji Thukul dari Fajar Merah

Kompas.com - 18/01/2020, 18:22 WIB
Tangkapan layar poster film dokumenter Nyanyian Akar Rumput Intagram Fajar MerahTangkapan layar poster film dokumenter Nyanyian Akar Rumput

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyair Wiji Thukul mungkin telah pergi bersama puisi resistensinya yang menyentuh nurani.

Diketahui, Wiji Thukul adalah seorang sastrawan dan aktivis HAM yang dihilangkan oleh rezim pada tahun 1998.

Tetapi, semangat Wiji Thukul dalam bersuara tetap ada dan terjaga.

Salah satu bentuk konkretnya adalah lewat film dokumenter bertajuk Nyanyian Akar Rumput garapan Yuda Kurniawan.

Baca juga: Saat Wiji Thukul Kembali Melantunkan Puisinya di Solo...

Film ini membagi tentang bagaimana keluarga setelah ditinggal Wiji Thukul. Dengan fokus utama Fajar Merah, yakni anak sang penyair.

Dikisahkan bagaimana Fajar dengan bandnya yang bernama Merah Bercerita mencoba melestarikan lagi puisi-puisi Wiji Thukul.

Tujuannya agar orang-orang tak lupa akan peran para aktivis yang dibungkam selama orde baru. Serta, membuktikan bahwa puisi pernah dianggap sebagai momok yang menakutkan oleh penguasa.

Proses film ini cukup panjang, yakni sekitar empat tahun 2014-2018. Hal lantaran Yuda mengikuti betul kehidupan dan keseharian keluarga Wiji Thukul, terutama Fajar Merah.

Pertemuan Yuda dan Fajar terjadi pada tahun 2013 ketika tengah diselenggarakan acara Asean Literary Festival di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

Baca juga: Penangkapan Ananda Badudu yang Buat Dian Sastro Teringat Wiji Thukul

Dalam film dokumenter ini juga diselipkan kegiatan Wiji Thukul sebagai penyair yang juga aktivis, termasuk kegiatannya dalam Partai Rakyat Demokratik.

Sebagai informasi, di awal era 90-an terdapat sebuah organisasi Partai Rakyat Demokratik (PRD), partai independen yang didirikan oleh kaum muda dan mahasiswa sebagai partai oposisi rezim Orde Baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X