Rano Karno Terganggu dengan Ondel-ondel Ngamen

Kompas.com - 13/01/2020, 18:34 WIB
Bocah bermain ondel-ondel di kawasan Jalan Jaksa, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2013). Permainan-permainan tradisional makin sulit dijumpai di Jakarta. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Bocah bermain ondel-ondel di kawasan Jalan Jaksa, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2013). Permainan-permainan tradisional makin sulit dijumpai di Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Rano Karno mengungkapkan keprihatinannya terhadap budaya Betawi, ondel-ondel, yang semakin bergeser.

Saat ini, ondel-ondel lebih sering digunakan untuk mengamen.

"Saya mungkin terganggu ondel-ondel ngamen. Saya peka di situ. Simbolis bahwa budaya sudah terkikis," kata Rano Karno di sela-sela konferensi pers Konser Akhir Kisah Cinta Si Doel di kantor Falcon Pictures, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

Baca juga: Rano Karno Mengenang Benyamin, Jago Nge-rap hingga Mirip Tom Jones

Rano mengaku terganggu melihat ondel-ondel ngamen di pinggir jalan.

Tak jarang, ondel-ondel mengamen hingga tengah jalan yang membahayakan nyawa mereka.

"Saya capek, jujur, sekarang ini mungkin melihat ondel ngamen, karena enggak ada tempat untuk ngamen. Jujur kepekaan saja," ucap Rano.

Baca juga: Jawaban Rano Karno Disebut Kecipratan Rp 700 Juta dari Wawan: Kasus Lama dan Masuk Dakwaan

Aktor berusia 59 tahun ini menganggap ondel-ondel mengamen di jalanan bukanlah sebuah kewajaran.

"Walaupun saya belum menginvestigasi apakah ondel-ondel itu memang dimainkan oleh kultur Betawi. Yang kita tahu kan kultur Betawi, tetapi kok belakangan banyak ondel-ondel yang ngamen," ujar Rano.

Sineas Rano Karno di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Sineas Rano Karno di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019).
Sepengetahuannya, ondel-ondel memiliki lokasi khusus yang biasa digunakan untuk pentas.

"Ada tempat di Setu Babakan, cuma di Setu Babakan hanya ramai pas weekend saja. Sementara hidupnya, kan, harus setiap hari atau mungkin ulang tahun Jakarta yang setiap tahun," tutur Rano.

Baca juga: Disebut Dapat Rp 700 Juta dari Wawan, Rano Karno: Kan Masuk Dakwaan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X