Angga Dwimas Sasongko Berharap Bioskop Sediakan Akses untuk Difabel

Kompas.com - 12/01/2020, 16:21 WIB
Angga Dwimas Sasongko Sutradara film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini  saat promo film di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Jumat ( 3/1/2020). Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini sedang tayang di bioskop. KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAHAngga Dwimas Sasongko Sutradara film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini saat promo film di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta,Jumat ( 3/1/2020). Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini sedang tayang di bioskop.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Angga Dwimas Sasongko berharap bioskop-bioskop Tanah Air bisa memiliki fasilitas untuk para penyandang difabel.

Sehingga, mereka yang menyandang tunanetra dan tunarungu bisa ikut menikmati pengalaman menonton film bioskop.

Baca juga: Angga Dwimas Sasongko Senang Film NKCTHI Dinikmati 40 Penyandang Tunanetra

"Sebenarnya kalau harapan saya tentu bioskop, cinema itu bisa jadi tempat yang inklusif gitu. Makin banyak bioskop yang menyediakan akses untuk difabel," kata Angga saat ditemui di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).

"Termasuk bagaimana film-film ini menyediakan clue caption untuk teman-teman tunarungu, menyediakan event-event teater bisik untuk teman-teman tunanetra," sambungnya.

Baca juga: Cerita Seru Syifa Hadju Jadi Relawan Pembisik untuk Penyandang Tunanetra

Sebagai pegiat film, Angga bersama rumah produksinya, Visinema Pictures ikut menjadi bagian dalam mewujudkan harapan itu.

Bersama Kitabisa.com, Angga menghadirkan 40 teman netra didampingi 40 pembisik untuk menonton Film Nanti Kita Cerita Hari Ini.

"Nah, teman-teman tunanetra kan tetap bisa menikmati sensasi suaranya 7.1 detail suara yang kita ciptakan, tapi keterbatasan mereka yang tidak bisa melihat visual itu diwakilin dengan deskripsi yang diceritakan oleh para pembisik," sambung Angga.

Baca juga: Usai Nonton NKCTHI, Rio Dewanto Ajak Atiqah Hasiholan Punya Banyak Anak

Selain teman netra, film NKCTHI juga menyediakan subtitle bahasa Indonesia bagi para penyandang tunarungu di bioskop di beberapa kota.

"Salah satunya juga dibanyak kota kita merilis clue captions sehingga teman-teman Tunarungu juga bisa menikmati filmnya," ujar Angga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X