Refleksi Akhir Tahun, Ruth Sahanaya Hanya Bisa Bersyukur

Kompas.com - 30/12/2019, 21:18 WIB
Ruth Sahanaya saat latihan persiapan untuk konser Tahun Baru di Studio ABBE, Gandaria,Jakarta Selatan,Minggu (29/12/2019).   Konser Ruth Sahanaya akan berlangsung di Hotel JW Marriot pada 31 Januari 2019. KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAHRuth Sahanaya saat latihan persiapan untuk konser Tahun Baru di Studio ABBE, Gandaria,Jakarta Selatan,Minggu (29/12/2019). Konser Ruth Sahanaya akan berlangsung di Hotel JW Marriot pada 31 Januari 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang berakhirnya tahun 2019 dan berganti ke 2020, penyanyi Ruth Sahayana mengatakan hanya bisa mengucap kata syukur.

Pelantun "Keliru" ini mengaku merefleksikan kembali apa yang terjadi sepanjang tahun 2019 dengan bersyukur.

"2019 kalau saya coba refleksikan kembali bahwa saya selalu cuma bisa bersyukur dan berterima kasih sama Tuhan," kata Ruth Sahanaya saat dijumpai di Studio Abbe, Gandaria, Jakarta Selatan, Minggu (29/12/2019).

Baca juga: Ruth Sahanaya Anggap Wajar Penyanyi Minta Honor Besar di Malam Tahun Baru

"Itu saja sih karena tetap masih bisa menghibur banyak orang dan masih bisa menjaga suara yang Tuhan kasih buat saya," kata Ruth Sahayana melanjutkan.

Perempuan 53 tahun ini mengaku bersyukur untuk hal apapun yang terjadi di dalam hidupnya.

"Intinya bersyukur saja terus. Bersyukur dalam segala hal buat saya," ujarnya.

Apalagi, ia bersyukur karena selama hampir 35 tahun berkarya masih diterima oleh pencinta musik Tanah Air.

"Masih banyak yang meminta saya menyanyi menghibur orang-orang. Senang banget (dapat) kepercayaan itu," ujar Ruth Sahanaya.

Baca juga: Ruth Sahanaya Tak Mau Sia-siakan Rezeki di Malam Pergantian Tahun

Untuk menjaga performa suaranya sebagai penyanyi, perempuan yang karib disapa Mama Uthe ini mengaku tak punya ramuan khusus.

"Saya enggak punya ramuan khusus, yang penting istirahat, happy, senang, berusaha untuk positif karena itu sangat mempengaruhi ke tenggorokan, pita suara kita," ungkap Ruth Sahanaya.

Yang terutama bagi Ruth Sahayana dalam menjaga suara adalah tetap menjaga kesehatan di tengah cuaca yang sering tak menentu.

"Jadi, kita penyanyi harus disiplin sama diri sendiri. Kita sendiri yang tahu kelemahan diri kita, tenggorokan kita," ujar Ruth Sahanaya.

Baca juga: Ruth Sahanaya Ingin Punya Konser Tunggal, Kendalanya soal Biaya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X