Anak Idap Down Syndrome, Rahayu Saraswati: Hadiah dari Tuhan

Kompas.com - 24/12/2019, 18:06 WIB
Rahayu Saraswati diabadikan usai jumpa pers film kolosal Gunung Emas Almayer yang dibintanginya, di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (29/10/2014) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANARahayu Saraswati diabadikan usai jumpa pers film kolosal Gunung Emas Almayer yang dibintanginya, di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (29/10/2014) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan politikus Rahayu Saraswati merasa bersyukur, suaminya Harwendro Adityo menerima lapang dada ketika tahu bayi yang dikandungnya memiliki kelainan Trisomi 21.

Jumlah kromosom yang lebih satu tersebut menyebabkan anak mereka mengalami down syndrome.

"Saya bersyukur juga I pick the right guy, karena suami saya luar biasa. Dia pokoknya cuma ngelihat ke saya, dia bilang 'Kamu gimana? Kalau aku sih enggak masalah'," kata Rahayu dalam video berjudul "Q&A: Terima Kondisi Anak Apa Adanya (4/6)" di kanal YouTube Q&A Metro TV seperti dikutip Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

Bagi pasangan ini, kehadiran putra kedua yang lahir pada 2017 lalu tersebut bukanlah sebuah beban, melainkan hadiah yang dititipkan dari Tuhan.

Baca juga: Film Merah Putih Memanggil Angkat Kisah Heroik Prajurit TNI

"Artinya kita sebagai orangtua dititipkan oleh Tuhan by this gift. Dan itu tanggung jawab kita bagaimana kita mau membesarkan dia," ujar Rahayu.

Pemain film Merah Putih ini mengetahui anaknya akan mengalami down syndrome sejak usia kandungan 14 minggu.

Rahayu Saraswati juga sempat khawatir karena kekuatan fisik pengidap down syndrome lemah, sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Baca juga: Kisah Rahayu Saraswati Mengetahui Putranya Berkebutuhan Khusus


Beruntung di setiap pemeriksaan kehamilan, jantung putranya berdetak normal.

"Dia kuat. Makanya kami namakan dia Wira yang artinya warrior, ksatria dan kami waktu itu bilang selama dia mau berjuang kami akan berjuang dengan dia," ucap Rahayu.

Di samping itu, Rahayu mengaku dibesarkan dengan iman yang tidak membenarkan aborsi, sehingga dirinya memilih untuk tetap mempertahankan janinnya meskipun sudah tahu sejak awal.

Baca juga: Ngobrol Bareng Rahayu Saraswati dan Tsamara di Kompasianival 2019


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X