Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duka Dunia Hiburan: 16 Artis Indonesia yang Berpulang pada 2019

Kompas.com - 19/12/2019, 20:30 WIB
Melvina Tionardus,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2019 dunia hiburan tanah air kehilangan sejumlah pesohornya.

Kabar duka tersebut menyelimuti kalangan penyanyi, artis peran, hingga komedian baik senior maupun junior.

Berikut ini kaleidoskop yang dirangkum Kompas.com untuk mengenang selebritas Indonesia yang berpulang sepanjang tahun 2019.

Artis peran Torro Margens meninggalkan Resmob Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2016)KOMPAS.COM/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Torro Margens meninggalkan Resmob Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2016)

1. Torro Margens

Aktor senior Torro Margens meninggal dunia pada hari Jumat (4/1/2019) dini hari dalam usia 68 tahun.

Menurut putranya, Toma Margens, sang ayah sempat muntah darah sebelum menghadap Tuhan yang Maha Kuasa.

"Iya sepulang syuting di Yogya terus anfal, muntah darah. Terus diurusin sama kru sana, empat hari atau lima hari tuh di rumah sakit. Sementara sudah selesai syutingnya," kata Toma saat dihubungi wartawan, Jumat (4/1/2019).

Baca juga: Uka Uka The Movie: Nini Tulang Jadi Film Terakhir Mendiang Torro Margens

Sesudah mendapat perawatan tersebut, Torro pulang lalu pergi ke Sukabumi, Jawa Barat. Beberapa hari berselang Torro kembali masuk rumah sakit dan tak bertahan lama.

Dalam karier seni peran, aktor kelahiran Pemalang ini terkenal dengan karakter antagonis yang dimainkannya. Sampai 2018 lalu almarhum masih terlibat dalam film berjudul Love For Sale bersama Gading Marten.

Robby Tumewu.KOMPAS/NINUK MARDIANA PAMBUDI Robby Tumewu.

2. Robby Tumewu

Setelah kurang lebih sembilan tahun berjuang melawan penyakit stroke, aktor Robby Tumewu berpulang dalam usia 65 tahun. Robby Tumewu meninggal pada Senin (14/1/2019) pukul 00.15 WIB.

Aktor sekaligus desainer busana ini juga pernah menjalani operasi otak. Namun setahun terakhir menurut sahabat dekatnya, desainer Carmanita, Robby mengalami infeksi paru dan dirawat di rumah.

"(Robby meninggal) di rumah, jadi Mas Robby itu sudah enggak mau dibawa ke rumah sakit, kita lihat kondisi fisiknya setahun belakangan yang makin parah dan enggak ada respons lagi," ucap Carmanita dikutip dari Kompas.com, Senin (14/1/2019).

Baca juga: Alasan Keluarga Ingin Jenazah Robby Tumewu Dikremasi

Jenazah Robby dikremasi lalu abunya dilarungkan ke laut di Tanjung Pasir, Tangerang. Salah satu alasan dikremasi adalah karena tak ada keluarga Robby di sini.

"Kremasi karena (Robby) enggak ada keluarga di sini, mau menyambangi kuburan siapa yang mau menyambangi kuburan mending dikremasi," ucap Renee Tumewu, kakak tertua Robby, Selasa (15/1/2019).

Gebi RamadhanDokumentasi pribadi/INSTAGRAM Gebi Ramadhan

3. Gebi Ramadhan

Di usia yang baru menginjak 24 tahun, komika Gebi Ramadhan meninggal dunia pada Selasa (15/1/2019).

Kabar duka ini diketahui dari sutradara film Ernest Prakasa lewat akun Instagram pribadinya.

"Di tengah perjuangannya berperang melawan kanker hati, @gebi_ramadhan menyanggupi ajakan gw untuk main di @millymametmovie. Sekarang Gebi udah pergi. Selamat jalan, Geb. Kita semua sayang sama lo," tulis Ernest di akun @ernestprakarsa dikutip dari Kompas.com Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Komika Gebi Ramadhan Meninggal Dunia

Gebi pertama kali dinyatakan mengidap kanker hati awal tahun 2018. Dirinya juga sempat berhenti dari aktivitas komika.

Lahir di Serang, Banten, 22 April 1994 Gebi memulai kariernya dengan mengikuti berbagai komunitas di sejumlah daerah. Pada tahun 2016 ia berkesempatan menjadi finalis Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) musim keenam yang ditayangkan di KompasTV.

 

Salah satu pemain film Eiffel Im in Love, Saphira Indah.Instagram/Saphira Indah Salah satu pemain film Eiffel Im in Love, Saphira Indah.

4. Saphira Indah

Masih di bulan Januari 2019, pada Rabu (30/1/2019) artis peran Saphira Indah tutup usia. Mirisnya pemain film Eiffel I'm in Love itu sedang mengandung enam bulan anak pertamanya.

Rico Hidros Daeng, suami Saphira Indah mengungkapkan sang istri sesak napas lima hari sebelumnya dan sudah dirawat di rumah sakit.

"Sebenarnya enggak ada sakit yang gimana. Cuma sesak (napas) biasa doang. Tapi selama lima hari, hari kelima fatal. Jadi ada masalah pernafasan di paru paru," kata Rico dikutip dari Kompas.com, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Suami Ungkap Penyebab Saphira Indah Meninggal Dunia

Menurut Rico selama kehaliman istrinya sering memeriksa kesehatan dan tak ada kendala berarti. Sementara itu Saphira Indah dimakamkan bersama calon bayinya yang berjenis kelamin perempuan karena sudah mendambakan kehadiran anak sejak tiga tahun menikah dengan Rico.

"Dia pengin banget (anak) karena sudah tiga tahun kosong kan (belum hamil)," ucap Rico.

Komedian Rachmana atau yang lebih dikenal sebagai Nana Krip (tengah) meninggal dunia pada Rabu (20/2/2019).Twitter/PramborsSby Komedian Rachmana atau yang lebih dikenal sebagai Nana Krip (tengah) meninggal dunia pada Rabu (20/2/2019).

5. Nana Krip

Komedian senior Nana Krip (73) sempat menjalani perawatan pada Kamis (14/2/2019), di RS Islam Cempaka Putih, Jakarta Timur karena infeksi paru-paru.

Namun sayangnya anggota grup lawak Sersan Prambors ini menghadap Ilahi pada Rabu (20/2/2019).

Ali Akbar, anak kedua Nana mengatakan infeksi paru tersebut baru ketahuan setelah ayahnya dirawat. Kondisinya sempat membaik setelah beberapa hari mengikuti perawatan medis.

"Hari Senin (18/2/2019), Ayah sudah kelihatan lebih sehat, sudah bisa duduk. Pada saat itu Ayah ribut mau minta pulang, tapi kami tidak berani mengizinkan karena tim dokter tidak mengizinkan," ungkap Ali dikutip dari Kompas.com, Rabu (20/2/2019).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com