Kompas.com - 12/12/2019, 11:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis dan presenter Atiqah Hasiholan tunjukkan kepeduliannya pada penyandang HIV/AIDS lewat film pendek POSI(+)IF.

Film yang juga menjadi penanda debutnya sebagai sutradara film pendek itu, merupakan hasil kerjasama UNAIDS Indonesia & Visinema Group.

Baca juga: Ratna Sarumpaet Berulang Tahun, Atiqah Hasiholan Bawa Tumpeng ke Penjara

"Sebuah film pendek mengenai HIV dan AIDS yang saya tulis dan saya sutradarai akan segera rilis 2 hari lagi: 'POSI(+)IF'," tulis Atiqah dalam unggahan di akun Instagramnya @atiqahhasiholan seperti dikutip Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Bukan hanya sebagai sutradara, Atiqah yang juga merupakan National Goodwill Ambassador UNAIDS Indonesia berharap bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat atas isu HIV.

Baca juga: Cerita Atiqah Hasiholan Rayakan Ultah ke-70 Ratna Sarumpaet di Penjara

Atiqah pun mengungkapkan keinginannya untuk menghapus stigma masyarakat terkait ODHA melalui film yang dibuatnya.

"Ketika berbicara mengenai HIV/AIDS banyak respond penghakiman seperti 'siapa suruh mereka begini... siapa suruh mereka begitu, dan seterusnya'. Sarat stigma dan diskriminasi," tulis Atiqah dalam unggahannya.

"Saya berharap semakin banyak orang yang peduli dan tergerak menyuarakan isu HIV, sehingga stigma dan diskriminasi dapat kita hapus bagi ODHA," tuturnya lagi.

Baca juga: Rio Dewanto: Saya dan Atiqah Hasiholan Itu Groomzilla dan Bridezilla

Diperankan oleh Oka Antara, Della Dartyan, Cynthia Bella & Haydar Salishz, film POSI(+)IF mengisahkan sebuah keluarga: seorang ayah, anak perempuan, dan saudara perempuan yang hidupnya terdampak setelah sang ayah didiagnosis terkena HIV.

Lebih jauh, film pendek ini mengajak para penonton ini memeriksakan diri secara dini, memulai pengobatan, serta melindungi keluarga dari HIV.

Film pendek ini bisa disaksikan melalui channel Youtube UNAIDS Indonesia atau dengan link bit.ly/FilmPOSITIF.

Baca juga: Atiqah Hasiholan Akan Beradu Akting dengan Jonathan Rhys Meyers

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.