Dari Desa Kecil, Mimpi Besar Marie Fredriksson Tercapai Bersama Roxette

Kompas.com - 11/12/2019, 07:53 WIB
Vokalis Roxette, Marie Fredriksson saat tampil di Cologne, Jerman, pada 19 Maret 20111. Marie Fredriksson meninggal dunia pada usia 61 tahun, Senin (9/12/2019). AFP/PATRIK STOLLARZVokalis Roxette, Marie Fredriksson saat tampil di Cologne, Jerman, pada 19 Maret 20111. Marie Fredriksson meninggal dunia pada usia 61 tahun, Senin (9/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Roxette yang identik dengan gaya rambut spike-nya yang khas, Marie Fredriksson, merupakan penyanyi sukses yang merajai chart musik era 1980 dan 1990-an.

Lahir pada 30 Mei 1958, di sebuah desa kecil di Swedia bernama Ossjo, Fredriksson merupakan anak bungsu dari lima bersaudara.

Kesibukan orang tuanya membuat Fredriksson kecil menghabiskan lebih banyak waktu bersama saudara dan temannya.

Baca juga: Kisah Pilu Godfrey Gao, Meninggal Tiba-tiba hingga Jenazahnya Dipaksa Masuk Peti

Di sinilah ia mulai belajar cara bernyanyi, membaca notasi, dan bermain alat musik.

Saat mulai remaja, dia memilih sekolah musik, di mana dia berteman dengan siswa dari bagian teater dengan membuat lagu untuk penampilan amatir mereka.

Tidak adanya vokalis yang bisa mencapai nada yang dibuat Fredriksson, membuat dia akhirnya bergabung dalam musikal tersebut dan tampil di seluruh bagian Swedia.

Baca juga: Caroll Spinney Pemeran Big Bird Sesame Street Meninggal Dunia

Setelah itu, awalnya, Fredriksson sempat diragukan saat ingin membentuk duo.

Namun bersama penulis lagu dan penyanyi Per Gessle, mereka membentuk Roxette pada 1986, yang ternyata meraih sukses di Swedia dan yakin akan meraih sukses di skala internasional.

“Orang Swedia mengkritik dengan berkata bahwa kami tidak akan berhasil, tapi mereka salah,” ujar Fredriksson kepada The Los Angeles Times pada 1990.

Baca juga: Musisi Indonesia Siapkan Konser Rayakan Karier Bob Tutupoly, Ini Faktanya

Duo ini benar-benar meraih sukses di panggung musik internasional dengan album mereka Look Sharp! (1988) dan Joyride (1991).

Serta enam lagu hits di chart Billboard Hot 100, yakni “The Look”, “Listen to Your Heart,” “Dangerous,” “It Must Have Been Love,” “Joyride,” dan “Fading Like a Flower (Every Time You Leave)”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X