Disalahkan Presiden Brasil atas Kebakaran Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio Angkat Bicara

Kompas.com - 02/12/2019, 16:09 WIB
Leonardo DiCaprio menggenggam trofi Oscar sebagai Best Actor in a Leading Role atau Aktor Terbaik dalam Academy Awards 2016, yang pergelarannya diadakan di Dolby Theatre, Hollywood, California, AS, Minggu (28/2/2016) malam waktu setempat. KEVIN WINTER/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFPLeonardo DiCaprio menggenggam trofi Oscar sebagai Best Actor in a Leading Role atau Aktor Terbaik dalam Academy Awards 2016, yang pergelarannya diadakan di Dolby Theatre, Hollywood, California, AS, Minggu (28/2/2016) malam waktu setempat.

KOMPAS.com - Pada Jumat pekan lalu, Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh aktor Leonardo DiCaprio mendanai kebakaran yang diduga disengaha di hutan hujan Amazon.

Namun, tuduhan itu tanpa bukti.

Reuters melaporkan, ada kemungkinan Bolsonaro mengomentari sebuah postingan media sosial.

Postingan itu mengklaim bahwa World Wildlife Fund (WWF) telah membayar untuk foto yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela yang kemudian digunakan untuk meminta sumbangan.

Baca juga: Lagi, Leonardo DiCaprio Soroti Gunungan Sampah di TPST Bantargebang

Itu termasuk donasi 500.000 dolar AS atau Rp 7 miliar dari DiCaprio.

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro kepada wartawan di depan kediaman presiden, pekan lalu.

Namun, DiCaprio yang organisasinya pada awal tahun ini menjanjikan dana untuk menyelamatkan Amazon, membantah tuduhan dari pemimpin sayap kanan itu.

Baca juga: [POPULER ENTERTAINMENT] Nia Daniaty Kecelakaan | Ria Irawan | Soundrenaline | Leonardo DiCaprio

"Pada saat krisis untuk Amazon ini, saya mendukung orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka," kata aktor itu dalam sebuah pernyataan di Instagram pada Sabtu (30/11/2019).

DiCaprio menyanjung mereka dengan menyebut mereka sebagai contoh yang luar biasa, punya komitmen dan semangat yang diperlukan untuk menyelamatkan lingkungan.

"Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok-kelompok yang melindungi mereka. Sementara layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan," tulis DiCaprio.

Baca juga: Spider-Man Kembali Ke MCU, Tom Holland Diwakili Leonardo DiCaprio

"Saya tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brasil, pemerintah daerah, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa lelah untuk mengamankan Amazon demi masa depan semua warga Brasil," tulisnya lagi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber EOnline
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X