Ramengvrl: Tak Dapat Penghargaan Bukan Berarti Karyamu Tidak Diterima

Kompas.com - 28/11/2019, 18:58 WIB
Raper Ramengvrl saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (27/11/2019) malam. KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIRaper Ramengvrl saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (27/11/2019) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lagu "Cashmere" milik raper Ramengvrl dinobatkan sebagai Karya Produksi Rap/Hiphop Terbaik di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) 2019 yang diselenggarakan pada Rabu (27/11/2019) malam.

Ramengvrl mengatakan dia sangat senang mendapat penghargaan tersebut. Namun bagi dia penghargaan itu bukan untuk dirinya sendiri.

"Ini gue enggak mau bilang ini piala gue sendiri karena gua kerja sama tim. Pastinya seneng, karena prosesnya sendiri tidak segampang itu dalam ngeluarin Cashmere," kata Ramengvrl saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu malam.

Meskipun demikian perempuan bernama lahir Putri Estiani tersebut mengatakan penghargaan bukan tujuannya dalam berkarya.

"Ini bukan sebuah patokan atau goals, ini bukan benchmark karya lo diterima orang atau gimana," kata Ramengvrl.

Baca juga: Ingin Warna Baru, RAN Beri Tantangan untuk Ramengvrl

"Kalau lo enggak dapat piala tapi message lo masuk ke seribu atau 10.000 orang, menurut gue lo udah mencapai sesuatu yang lebih dari piala," imbuh penyanyi kelahiran 20 April 1992 tersebut.

Ramengvrl mengaku memiliki definisi sendiri tentang penghargaan terhadap karyanya sendiri.

"Gue seneng aja kalau gue bikin acara, biarpun di tempat kecil, kelab doang, satu bar tapi penuh. Itu menurut gua udah benchmark bahwa relevansi ada, message gua sampai ke orang-orang dan orang suka karya gue," ungkap Ramengvrl.

Baca juga: Di Balik Kacamata RamenGvrl

Lebih lanjut, Ramengvrl mengatakan penghargaan bukan sebuah tolak ukur dalam bermusik.

"Itu bukan dijadikan sesuatu yang 'kalau lo enggak masuk, berarti lo enggak relevan atau lo enggak penting," kata dia.

Menurut Ramevgvrl, banyak karya musik yang pantas menjadi nomine dan mendapat penghargaan, tetapi mereka tidak masuk nominasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X