Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nindy Ayunda Berlinang Air Mata Ceritakan Penyakit yang Diderita Mendiang Ayahnya

Kompas.com - 25/11/2019, 16:02 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ayah penyanyi Nindy Ayunda, Fadli Yunis (62), telah dikebumikan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Senin (24/11/2019).

Setelah prosesi pemakaman selesai, Nindy mengatakan bahwa ayahnya adalah sosok yang luar biasa dan mandiri meski pun sakit.

"Beliau luar biasa sih tidak pernah menyusahkan. Sakit pun kami enggak pernah dikasih tahu dan dia selalu merasa dirinya kuat, sehat," kata Nindy didampingi suaminya Askara Parasady Harsono setelah pemakaman selesai.

Baca juga: Tangis Nindy Ayunda Pecah dan Terus Pangggil Papa di Pemakaman

 

Nindy mengisahkan mendiang sang ayah juga mengidap beberapa penyakit dan sudah menjalani pengobatan

"Jadi kami memang mengobati Papa ini pelan-pelan karena memang beliau ada gula, hipertensi. Jantung tuh baru ketahuan baru sekarang karena memang sebelumnya saya konsentrasi yang di mata dulu," ujar Nindy.

Penyanyi berdarah Minang ini mengatakan, sang ayah memang mengalami kendala pengelihatan karena ada masalah pada syaraf matanya. Namun, saat akan diambil tindakan medis malah didapati penyakit lain.

Baca juga: Kesedihan Nindy Ayunda Ditinggal Pergi Sang Ayah untuk Selama-lamanya

"Tapi memang Papa itu suka demam. Pas kami mau ambil tindakan DSA kan harus periksa semuanya. Ternyata ada kendala beliau leukositnya tinggi. Cari lagi dari mana, tenyata dari ginjal. Pas periksa-periksa pun ternyata detak jantungnya tuh ada yang naik turun dan beliau tidak merasakan apa-apa," kata perempuan berusia 30 tahun tersebut.

Menurut Nindy, keluarga telah mengupayakan berbagai pengobatan kepada ayahnya sejak beberapa bulan lalu.

"Jadi semenjak dari Oktober itu saya sudah mengupayakan pelan-pelan, mau berobat satu-satu karena ginjal ini duluan. Karena itu memang yang bikin demam terus. Ternyata perginya (meninggalnya) karena jantung," ucap Nindy dengan berlinang air mata.

Baca juga: Adik Nindy Ayunda Ungkap Kronologi Meninggalnya Sang Ayah, Alami Serangan Jantung

Nindy mengatakan, ayahnya juga telah melakukan operasi ginjal dan rencananya akan lanjut ke pengobatan jantung.

"Karena memang selama ini tidak ada yang dikeluhkan soal jantung, jadi kami kan melakukan pengobatan yang dia keluhkan. Jadi pada saat dia mengeluh, kami bawa dia, maunya katanya hari Rabu aja sekalian barengan sama pengecekan abis operasi ginjal," kata Nindy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com