Kata Mondo Gascaro Soal Kontroversi Film Kucumbu Tubuh Indahku

Kompas.com - 21/11/2019, 17:31 WIB
Mondo Gascaro berpose di Gedung Menara Kompas usai promosikan single terbarunya berjudul Dian Asmara saat visit Kompas.com ,Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (21/11/2019). Pada single barunya Mondo berkolaborasi dengan Rien Djamain. KOMPAS.com/M ZAENUDDINMondo Gascaro berpose di Gedung Menara Kompas usai promosikan single terbarunya berjudul Dian Asmara saat visit Kompas.com ,Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (21/11/2019). Pada single barunya Mondo berkolaborasi dengan Rien Djamain.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Kucumbu Tubuh Indahku besutan sutradara kawakan Indonesia, Garin Nugroho berhasil meraih banyak prestasi.

Namun ironisnya, film itu juga menuai kontroversi di masyarakat.

Pasalnya, Kucumbu Tubuh Indahku dinilai mengangkat isu tentang lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang dikhawatirkan bisa merusak moral bangsa.

Pengisi soundtrack sekaligus penata musik film Kucumbu Tubuh Indahku, Mondo Gascaro ikut angkat suara terkait kontroversi film tersebut.

Baca juga: Luapan Kekecewaan Garin Nugroho Pemutaran Kucumbu Tubuh Indahku Kembali Dihentikan Paksa

"Itu justru memang karakter Indonesia banget ya, di sini ditolak, nanti tiba-tiba dapet prestasi di tempat yang lain," kata Mondo saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/219).

"Kita kayaknya enggak bisa melihat sesuatu sukses atau baik. Selalu ada saja salahnya," sambungnya.

Bahkan, Mondo meyakini bahwa mereka yang melakukan penolakan belum menonton keseluruhan film tersebut.

Baca juga: Dicekal Lagi, Film Kucumbu Tubuh Indahku Raih 11 Nominasi dalam FFI 2019

"Karena kita tahu kok yang nolak-nolak itu belum nonton. Cuma lihat di YouTube terus dengar kata orang, bikin petisi. Kalau dari kita terutama Mas Garin, ya kita menjelaskan dengan narasi yang kita punya tentang film ini," ucapnya.

Selain mewakili Indonesia pada Piala Oscar 2020, Kucumbu Tubuh Indahku juga mendapat 12 nominasi dari 11 kategori di Festival Film Indonesia (FFI) 2019.

Namun, di saat yang bersamaan, pemutaran Kucumbu Tubuh Indahku kembali dihentikan secara paksa oleh salah satu ormas keagamaan pada Selasa (12/11/2019) di Bandar Lampung.

Baca juga: Kucumbu Tubuh Indahku, Film Kontroversi dengan Sederet Prestasi


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X