Peduli Lingkungan, Arifin Putra Ajak Puasa Makan Daging

Kompas.com - 21/11/2019, 14:34 WIB
Aktor Arifin Putra saat promo film Si Manis Jembatan Ancol di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Film garapan sutradara Anggy Umbara akan mulai tayang di bioskop mulai 26 Desember 2019 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAktor Arifin Putra saat promo film Si Manis Jembatan Ancol di Kantor Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2019). Film garapan sutradara Anggy Umbara akan mulai tayang di bioskop mulai 26 Desember 2019 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peduli lingkungan, dijadikan gaya hidup baru oleh aktor Arifin Putra.

Pria 32 tahun ini mengaku mulai mengolah sampah yang dihasilkannya sendiri.

Menurut Arifin, ia terdorong untuk lebih peduli terhadap lingkungan setelah sadar akan polusi di Jakarta, dan menumpuknya sampah di TPST Bantar Gebang.

Baca juga: Cerita Arifin Putra Solo Travelling, Lebih Mengenal Diri Sendiri hingga Kesepian

“Misalnya daur ulang, aku juga kompos. Di balkon apartemen ada alat komposnya,” kata Arifin Putra saat bertandang ke Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Selain itu, aktor berdarah Jerman ini juga mengaku mulai menanam sendiri di apartemennya dengan teknik hidroponik.

“Aku hidroponik juga mulai nanam sayur mayur sendiri. Kemarin, tomat ceri berhasil di dalam apartemen,” ungkap Arifin.

Kalau kampanye, Arifin mengaku tengah bekerjasama dengan WWF memberikan edukasi tentang melestarikan lingkungan.

Baca juga: Liburan ke Nepal, Arifin Putra Sempat Menyesal, Kenapa?

Salah satu kampanye yang tengah dilakukannya adalah memberikan edukasi tentang pentingnya mendaur ulang sampah.

“Ada program DKI namanya bank sampah. Jadi, kalau kita kumpulkan banyak orang dan minimal memberikan 2 kg sampah recyling, itu mereka akan datangkan truk sampah. Habis itu mereka akan cek mana yang bisa di-recyle atau tidak. Per kilogram dihargai Rp 2 ribu,” jelas Arifin.

“Akhirnya dari komunitas 23 kepala keluarga (kk) sekarang sudah jadi 80 kk. Dalam waktu 6 bulan berhasil kumpulkan kalau nggak salah 1 ton sampah yang di-recyle. Itu baru 80 kk,” imbuhnya.

Baca juga: Ternyata, Suami Inul Daratista Jadi Inspirasi Arifin Putra Punya Kumis

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X