Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar Menggugat, Produser Nagabonar Reborn Sebut Punya Izin Ahli Waris dan Dirjen HAKI

Kompas.com - 20/11/2019, 11:24 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser film Nagabonar Reborn, Gusti Randa, buka suara mengenai gugatan atas rumah produksi Gempita Tjipta Perkasa miliknya terkait masalah hak cipta film tersebut.

"Masalah hukum ya masalah hukum. Ketika pusbang (pusat pengembangan film) mendapat surat juga dari pihak sana, pusbang bilang 'kenapa?' pusbang minta ditunjukkan dari kami. Saya kasih bukti," kata Gusti saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Gusti menuturkan, pihaknya telah mendapatkan izin dari ahli waris Asrul Sani, yang disebut Gusti pemilik hak cipta Nagabonar.

Menurut dia, pihaknya juga telah mendapatkan Tanda Pemberitahuan Pembuatan Film (TPPF).

Baca juga: Gading Marten Deg-degan Jelang Shooting Film Nagabonar Reborn

"Pertama surat pernyataan dari ahli waris, Mutiara Sani dan anaknya, kedua punya bukti dari Dirjen HAKI, ada buktinya, di sana teregister Nagabonar milik Asrul Sani, dan menjadi milik ahli waris, ada Mutiara Sani dan anak-anak," tutur Gusti.

"Berdasar itu saya confirm dong, ada dari ahli waris, dari dirjen HAKI ya sudah kami masukkan ke pusbang film untuk dapat TPPF," lanjutnya.

Berdasarkan pernyataan Gusti Randa, pihak Deddy Mizwar tidak bisa memberikan bukti hak cipta atas film Nagabonar.

Baca juga: Ada Masalah Hak Cipta, Produksi Nagabonar Reborn Dihentikan

"Katanya 'Mas Gusti, izinkan saya untuk mempelajari', ya sudah, mereka juga minta pihak sana, buktinya mana, tapi tidak bisa memberi bukti, akhirnya TPPF kami keluar," ucap Gusti Randa.

Diberitakan sebelumnya, Deddy Mizwar menyerahkan sepenuhnya sengketa hak cipta tokoh Nagabonar ke proses hukum yang berlaku.

"Itu urusan pengadilan," jawab Deddy singkat saat ditemui dalam sebuah acara buka puasa bersama di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Deddy Mizwar Berencana Produksi Film Nagabonar 3

Mantan wakil gubernur Jawa Barat ini mengaku telah mengajukan gugatan kepada rumah produksi terkait atas polemik tokoh Nagabonar tersebut.

"Sudah lama (ajukan gugatan). Urusan pengacara itu kami enggak usah mikirin itu. Kami berkarya saja," ucapnya.

Untuk diketahui, film Nagabonar Reborn merupakan daur ulang dari film berjudul sama yang dirilis pada 1987. Awalnya, film ini dibintangi Deddy Mizwar sebagai Nagabonar.

Kini, Gading Marten yang memerankan tokoh yang ikonik tersebut.

Baca juga: Soal Nagabonar, Deddy Mizwar Serahkan ke Proses Hukum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com