Dituduh Nistakan Agama, Atta Halilintar: Videonya Viral di Luar Negeri untuk Jadi Pelajaran

Kompas.com - 18/11/2019, 15:59 WIB
YouTubers Atta Halilintar saat ditemui di Peluncuran Program Baru Trans 7 di Gedung Trans TV, Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG YouTubers Atta Halilintar saat ditemui di Peluncuran Program Baru Trans 7 di Gedung Trans TV, Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Video yang dituduh telah menistakan agama milik YouTuber Atta Halilintar, disebut sempat viral di luar negeri, salah satunya di Malaysia. Kok bisa?

Video yang awalnya diunggah untuk mengajarkan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan saat salat, justru kini bermasalah dan menyeret Atta Halilintar atas tuduhan penistaan agama.

Dua tahun lalu, video tersebut cukup populer, bahkan disukai lebih dari 98 persen.

Padahal saat itu jumlah subscriber Gen Halilintar belum mencapai jutaan seperti saat ini.

Baca juga: Dituduh Nistakan Agama, Atta Halilintar Ingat Ajaran Orangtua

YouTuber yang dikenal dengan jargon "Ahsiap" ini mengatakan tujuan awal dibuat video itu adalah untuk memberitahu hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat salat.

Tapi, karena sempat ada pro dan kontra atas video tersebut, akhirnya Gen Halilintar sepakat untuk menurunkan video itu.

Saat video diturunkan, masih banyak orang mempertanyakan video itu.

"(Video) ini viral di negara lain, Malaysia, Singapura, untuk edukasi. Ini viral di luar negeri untuk dijadikan pelajaran," kata kata Atta dalam video Gen Halilintar berjudul 'Penista Agama??? Klarifikasi!!', seperti dikutip Kompas.com, Senin (18/11/2019).

Baca juga: Atta Halilintar Jawab Tuduhan Menistakan Agama...

"Mungkin kalau guru menceritakan enggak boleh dilakukan di shalat, murid enggak masuk, tapi ketika kita membuat seperti ini, masuklah ke segmen anak kecil. Mudah mengerti," kata Atta.

Kalau akhirnya video tersebut beredar dan bahkan dipotong-potong sehingga menghadirkan makna lain, Atta mengatakan bahwa dia dan adik-adiknya tidak berniat menistakan Allah dan agamanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X