Dituduh Nistakan Agama, Atta Halilintar Ingat Ajaran Orangtua

Kompas.com - 18/11/2019, 14:42 WIB
Atta Halilintar saat ditemui dalam acara jumpa pers YouTube Fanfest Live Show di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018). KOMPAS.com/IRA GITAAtta Halilintar saat ditemui dalam acara jumpa pers YouTube Fanfest Live Show di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus tuduhan penistaan agama terhadap YouTuber Atta Halilintar kembali mendapat tanggapan dari Atta.

Kali ini Atta tidak sendiri, bersama 10 adiknya, Atta memberi klarifikasi dan juga membantah tuduhan bahwa mereka telah melecehkan agama.

YouTuber yang doyan gonta-ganti warna rambut ini menceritakan bagaimana orangtua mereka mengajarkan agama sejak mereka kecil.

"Sejahat-jahatnya pribadi saya, saya ini sangat mencintai Nabi saya, itu idola saya dari kecil. Saya sangat mencintai Tuhan saya dan apa yang ayah saya ajarkan itu masih melekat di diri saya," kata Atta dalam akun YouTube Gen Halilintar, seperti dikutip Kompas.com, Senin (18/11/2019).

Baca juga: Atta Halilintar Dituduh Nistakan Agama, Kuasa Hukumnya Angkat Bicara

Thariq Halilintar, adik laki-laki Atta yang juga seorang YouTuber, turut memberikan pandangannya terhadap tuduhan melakukan penistaan agama itu.

"Enggak ada niat sedikit pun mencacatkan agama yang kami agung-agungkan," kata Thariq.

"Dari kecil kami lahir diajarin sama orangtua, 'kamu itu orang jahat. (Karena) kalau sudah merasa baik, berarti kamu enggak akan jadi lebih baik. Teruslah merasa jahat'," timpal Atta mengingat ajaran orangtuanya.

Baca juga: Soal Tuduhan Penistaan Agama, Atta Halilintar: Kami Bukan Manusia Sempurna, Mohon Maaf...

Ia menjelaskan, pesan orangtuanya itu maksudnya agar ia dan adik-adiknya terus merasa jahat, dengan begitu mereka akan selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik.

Sebab, jika seseorang sudah merasa menjadi orang yang baik, maka orang tersebut akan berhenti menjadi lebih baik.

Terlepas dari makna dari video itu yang sebenarnya, jika akhirnya dianggap salah, Atta mewakili Gen Halilintar kembali menyampaikan permintaan maaf.

Baca juga: Dilaporkan Penistaan Agama, Atta Halilintar: Video Dipotong untuk Menyerang

"Mewakili Gen Halilintar, tidak ada sama sekali, sedikit pun, seinci pun, punya niat untuk melecehkan agama, menista agama," ujar Atta.

Atta sebenarnya sudah menurunkan video tersebut. Namun, video yang tayang dua tahun lalu itu kembali diunggah ke media sosial dan sudah dipotong-potong serta diberi judul berbeda.

Masalah ini bahkan menyeret Atta dan sebuah akun YouTube bernama Gunawan Swallow ke kasus hukum setelah dilaporkan oleh sebuah LSM pada 13 November 2019.

Baca juga: Atta Halilintar Jawab Tuduhan Menistakan Agama...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X