Main Wayang Orang Sang Sukrasana, Maudy Koesnaedi Kesulitan Nembang

Kompas.com - 17/11/2019, 22:09 WIB
Maudy Koesnaedi saat ditemui usai theater visit di Margo City, Depok, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Kompas.com/Ira GitaMaudy Koesnaedi saat ditemui usai theater visit di Margo City, Depok, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Maudy Koesnaedi kembali bermain dalam pementasan wayang orang

Kali ini, Maudy Koesnaedi bermain dalam pementasan Sang Sukrasana dan memerankan karakter Dewi Citralangeni, permaisuri yang harus mengikhlaskan suaminya menikah lagi demi mengupayakan keutuhan kerajaan.

Menurut Maudy, satu hal yang paling sulit dalam pementasan ini adalah bernyanyi.

Baca juga: Lukman Sardi Bermain dengan Para Jenderal di Pementasan Sang Sukrasana

"Kesulitannya yang paling agak berat itu soal nembang, nyanyi. Saya, kan, bukan penyanyi jadi agak harus berusaha menyelaraskan suara sama notasi dengan gamelan," ujar Maudy Koesnaedi seusai pementasan Sang Sukrasana di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Minggu (17/11/2019).

Beruntung, ia dibantu dengan para tim dari wayang orang Bharata yang sudah sering bekerja sama dengannya.

"Biasanya dibantu sama pesindennya wayang orang Bharata namanya Mbak Wahyu. Jadi dia yang nganterin aku, maksudnya nganterin itu 'suaranya di sini loh Mbak' begitu, 'oh kurang naik, ketukannya segini loh, Mbak'. Dia yang ngajarin sih," kata Maudy.

Baca juga: Lihat Respons Penonton Si Doel The Movie 2, Maudy Koesnaedi Kenang Masa Lalu

Aktris yang terkenal dengan perannya sebagai Zaenab dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini mengaku tidak pernah bosan bahkan selalu tertarik jika diminta memeriahkan pementasan budaya.

"Saya selalu senang sih semua dengan kegiatan yang berbau budaya apa pun, senang sekali bisa terlibat. Berharap sekali dengan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan biar bisa disosialisasikan dan kita jadi bisa lagi kenal sama budaya kita sendiri," ujar Maudy Koesnaedi.

Ia berharap bisa terus ikut menyukseskan pertunjukan wayang orang.

Baca juga: Maudy Koesnaedi: Banyak Anak Milenial Tonton Si Doel The Movie 2

"Jadi saya sih berharap tahun depan masih ada yang ajak untuk ikut terlibat wayang orang. Belum tahu sih, tetapi sampai saat ini belum ada," kata Maudy Koesnaedi.

Pementasan wayang orang Sang Sukrasana bercerita tentang kakak beradik, Sumantri dan Sukrasana.

Sukrasana sangat setia membantu kakaknya.

Namun, setelah berhasil mengunci hati Putri Dewi Citrawati dengan kesaktian Sukrasana, Sumantri justru malu dengan rupa adiknya.

Sukrasana pada akhirnya diceritakan meninggal dunia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X