Kompas.com - 14/11/2019, 15:49 WIB
Poster program Produce 101 musim pertama dan kedua. KoreabooPoster program Produce 101 musim pertama dan kedua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Producing Director CJ ENM, Ahn Joon Young, baru saja mengakui tuduhan manipulasi terhadap hasil voting Produce 101 Musim 1 dan 2.

Menurut polisi, Ahn Joon Young, mengakui beberapa dakwaan yang dibuat terhadapnya bahwa ia juga memanipulasi hasil untuk Produce 101 Musim 1 dan 2.

Kembali ketika ia ditangkap pada 5 November 2019, setelah sidang surat perintah penangkapannya, ia membantah tuduhan memanipulasi Produce 101 Seasons 1 dan 2, hanya mengakui memanipulasi hasil voting Produce 48 dan Produce X 101.

Baca juga: 11 Pemenang Produce X 101 Akan Debut sebagai X1, Ini Daftarnya...

Namun, tim investigasi siber Kepolisian Metropolitan Seoul menemukan bahwa ada perbedaan dalam jumlah voting dari netizen selama final dengan hasil voting yang ditampilkan di televisi.

Hal itu menjadi bukti bahwa hasil voting untuk pembentukan grup I.O.I dan Wanna One yang lahir dari Produce 101 Musim 1 dan 2 juga patut dicurigai.

Polisi akan terus menyelidiki semua musim program Produce tersebut dan juga akan mulai menyelidiki pejabat tinggi di CJ ENM.

Baca juga: Lee Dong Wook Sedih Usai Umumkan Pemenang Produce X 101

Kasus ini bermula saat boygroup baru dari musim ketiga ajang Produce 101, yakni Produce X 101, terbentuk pada siaran tertanggal 19 Juli 2019.

Dengan nama X1, boygroup tersebut beranggotakan 11 orang dan lahir berdasarkan gabungan hasil text voting dan online voting pada malam final.

Online voting yang berbayar dikirimkan oleh para penonton selama acara berlangsung.

Baca juga: Produce X 101 Diselidiki, Polisi Periksa 3 Musim Produce 101

Usai malam final Produce X 101, para fans membandingkan voting total dari para trainee yang menang dan mencurigai adanya manipulasi pada text voting.

Halaman:

Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X