Kucumbu Tubuh Indahku Raih 12 Nominasi FFI meski Tuai Kontroversi, Produser Bangga

Kompas.com - 13/11/2019, 15:51 WIB
Poster Film Kucumbu Tubuh Indahku. IMDb/Fourcolours FilmsPoster Film Kucumbu Tubuh Indahku.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Kucumbu Tubuh Indahku meraih 12 nominasi dari 11 kategori ajang penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) 2019.

Produser Ifa Isfansyah mengaku, bangga dengan pencapaian filmnya ini meski sejak pemutaran perdana di bioskop Indonesia imenuai kontroversial.

"I'm so proud producer!" tulis Ifa pada akun Instagram-nya, @ifa_isfansyah, yang dikutip Kompas.com, Rabu (13/11/2019).

Baca juga: Dicekal Lagi, Film Kucumbu Tubuh Indahku Raih 11 Nominasi dalam FFI 2019

"Selamat untuk semua tim pendukung film Kucumbu Tubuh Indahku yang mendapatkan 12 nominasi di 11 kategori Festival Film Indonesia 2019 @festivalfilmid. Terima kasih atas dukungan dan apresiasinya," tulis Ifa lagi.

Sejumlah sineas seperti sutradara Ernest Prakasa dan penulis skenario Gina S Noer pun memberikan selamat kepada Ifa.

12 nominasi itu diraih oleh Kucumbu Tubuh Indah ku lewat 11 kategori. Kategori tersebut adalah Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, dan Pengarah Artistik Terbaik.

Baca juga: Pemutaran Kucumbu Tubuh Indahku Dihentikan, Garin Nugroho Sebut Prestasi Dikalahkan Radikalisme

Selain itu, ada Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Tuai kontroversi
Pada Selasa (11/11/2019), sebuah organisasi masyarakat menghentikan secara paksa film Kucumbu Tubuh Indahku karena dinilai mempromosikan isu LGBT.

Saat itu, sejumlah orang menggelar nonton bareng film karya Garin Nugroho di Gedung Dewan Kesenian Lampung (DKL) yang berada di Kompleks PKOR Way Halim, Selasa siang.

Baca juga: Kucumbu Tubuh Indahku Dihentikan Paksa, Garin Nugroho: Pemerintah Dipermalukan

Jauh sebelum itu, sejumlah elemen masyarakat hingga pemerintah daerah menentang dan menolak film yang dibintangi oleh artis peran Muhammad Khan tersebut sejak dirilis pada 18 April 2019.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X