Dicekal Lagi, Film "Kucumbu Tubuh Indahku" Raih 11 Nominasi dalam FFI 2019

Kompas.com - 13/11/2019, 12:08 WIB
Poster Film Kucumbu Tubuh Indahku. IMDB/Handy KaraPoster Film Kucumbu Tubuh Indahku.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Kucumbu Tubuh Indahku kembali menuai kontroversi. Kali ini, film karya Garin Nugroho dicekal di Bandar Lampung oleh sekelompok ormas keagamaan.

Garin Nugroho telah memberikan penjelasan soal pencekalan tersebut. Sebelumnya, dia pun menyatakan kekecewaannya atas kejadian yang berulang itu.

“Saya cuma kecewa saja sama pemerintah yang banyak mulutnya, tapi enggak pernah bertindak keras. Selalu mengusung pluralisme, tapi tindakannya tidak ada,” kata Garin Nugroho saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (13/11/2019).

Baca juga: Ormas Hentikan Paksa Film Kucumbu Tubuh Indahku, Pemerintah Diminta Turun Tangan

Namun, di tengah pencekalan, Kucumbu Tubuh Indahku justru mendapat respons positif dalam pergelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2019.

Berdasarkan pengumuman 21 nominasi FFI 2019 pada Selasa (12/11/2019) malam, Kucumbu Tubuh Indahku mampu masuk 11 nominasi.

Salah satu nominasinya adalah Pemeran Utama Pria Terbaik yang mengantarkan Muhammad Khan bersaing dengan beberapa aktor senior, seperti Abimana Aryasatya dan Lukman Sardi.

Baca juga: Bumi Manusia Mendominasi di FFI 2019, Kucumbu Tubuh Indahku Membayangi

Sementara itu, Kucumbu Tubuh Indahku membuntuti film Bumi Manusia yang mendapatkan nominasi terbanyak dalam FFI 2019, yakni 12 nominasi.

Adapun ke-11 nominasi untuk Kucumbu Tubuh Indahku, yakni Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Baca juga: Pemutaran Kucumbu Tubuh Indahku Dihentikan, Garin Nugroho Sebut Prestasi Dikalahkan Radikalisme

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X