Habibie & Ainun 3 Akan Kuak Kisah BJ Habibie yang Jarang Terekspos

Kompas.com - 12/11/2019, 12:19 WIB
Manoj Punjabi, BJ Habibie, dan Maudy Ayunda dalam jumpa pers film Habibie & Ainun 3 di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019). KOMPAS.com/IRA GITAManoj Punjabi, BJ Habibie, dan Maudy Ayunda dalam jumpa pers film Habibie & Ainun 3 di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra sulung mendiang BJ Habibie, Ilham Habibie, mengatakan bahwa film Habibie & Ainun 3 telah menampilkan sisi lain ayahnya.

Ilham menilai, sutradara Hanung Bramantyo mampu menguak sosok Habibie yang selama ini tak terekspos ke publik.

"Film ini menampilkan sisi lain bapak (BJ Habibie). Bapak dianggap bapak teknologi, demokrasi, dan kebebasan pers," ujar Ilham saat ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Baca juga: Trailer ke-2 Habibie & Ainun 3 Dirilis: Reza Rahadian Bertransformasi, Jefri Nichol Berlutut

Sisi lain itu, menurut Ilham, adalah sesuatu yang tersirat, namun nyata terasa bagi ayahnya.

"Tapi, di belakang itu ada sesuatu yang buat bapak energise itu keluar setelah ibu (Ainun) wafat. Nah itu yang diceritakan lewat trilogi (Habibie & Ainun) ini," ucapnya.

Ilham mengatakan, setelah menonton film Habibie & Ainun 3, ia melihat cinta antara ayah dan ibunya telah memberikan sebuah energi yang besar. Cinta itu pula, lanjut Ilham, telah mendorong ayahnya untuk melakukan banyak hal besar.

Baca juga: Reza Rahadian Berbagi Cerita Bermain di Film Habibie & Ainun 3

"Itu yang saya lihat, bukan sebagai anak, tapi siapa pun akan mendapatkan nilai-nilai itu. Cinta universal motivator gimana kita berjuang, sikon hidup tak bisa diprediksi dengan baik," ucapnya.

"Kita termasuk bapak, berjuang hingga napas terakhir. Bapak mungkin waktu itu sudah sakit, tapi bapak berjuang dengan memberikan masukan, tenaga, hati, dan jiwa dicurahkan ke film ini," sambung Ilham.

Ilham menambahkan, jadwal penayangan film ini tak jauh dari peringatan 100 hari meninggalnya BJ Habibie. Hal itu tentu memberi kesan tersendiri.

Baca juga: Lebih Kekinian, Soundtrack Habibie & Ainun 3 Libatkan Penyanyi Muda

"Kami harus teringat, 22 Desember (2019) 100 hari bapak meninggal. Memang ada kaitan secara spiritual dan emosional," imbuhnya.

Diketahui, Habibie & Ainun 3 dijadwalkan tayang pada 19 Desember 2019.

Reza Rahadian masih dipercaya memerankan tokoh Habibie. Sementara, tokoh Ainun muda diperankan oleh Maudy Ayunda.

Lalu ada Jefri Nichol yang berperan sebagai Ahmad, Lukman Sardi sebagai Ayah Ainun, dan Marcella Zalianty sebagai Ibu Kandung Ainun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X