Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie & Ainun 3 Akan Kuak Kisah BJ Habibie yang Jarang Terekspos

Kompas.com - 12/11/2019, 12:19 WIB
Andika Aditia,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra sulung mendiang BJ Habibie, Ilham Habibie, mengatakan bahwa film Habibie & Ainun 3 telah menampilkan sisi lain ayahnya.

Ilham menilai, sutradara Hanung Bramantyo mampu menguak sosok Habibie yang selama ini tak terekspos ke publik.

"Film ini menampilkan sisi lain bapak (BJ Habibie). Bapak dianggap bapak teknologi, demokrasi, dan kebebasan pers," ujar Ilham saat ditemui di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Baca juga: Trailer ke-2 Habibie & Ainun 3 Dirilis: Reza Rahadian Bertransformasi, Jefri Nichol Berlutut

Sisi lain itu, menurut Ilham, adalah sesuatu yang tersirat, namun nyata terasa bagi ayahnya.

"Tapi, di belakang itu ada sesuatu yang buat bapak energise itu keluar setelah ibu (Ainun) wafat. Nah itu yang diceritakan lewat trilogi (Habibie & Ainun) ini," ucapnya.

Ilham mengatakan, setelah menonton film Habibie & Ainun 3, ia melihat cinta antara ayah dan ibunya telah memberikan sebuah energi yang besar. Cinta itu pula, lanjut Ilham, telah mendorong ayahnya untuk melakukan banyak hal besar.

Baca juga: Reza Rahadian Berbagi Cerita Bermain di Film Habibie & Ainun 3

"Itu yang saya lihat, bukan sebagai anak, tapi siapa pun akan mendapatkan nilai-nilai itu. Cinta universal motivator gimana kita berjuang, sikon hidup tak bisa diprediksi dengan baik," ucapnya.

"Kita termasuk bapak, berjuang hingga napas terakhir. Bapak mungkin waktu itu sudah sakit, tapi bapak berjuang dengan memberikan masukan, tenaga, hati, dan jiwa dicurahkan ke film ini," sambung Ilham.

Ilham menambahkan, jadwal penayangan film ini tak jauh dari peringatan 100 hari meninggalnya BJ Habibie. Hal itu tentu memberi kesan tersendiri.

Baca juga: Lebih Kekinian, Soundtrack Habibie & Ainun 3 Libatkan Penyanyi Muda

"Kami harus teringat, 22 Desember (2019) 100 hari bapak meninggal. Memang ada kaitan secara spiritual dan emosional," imbuhnya.

Diketahui, Habibie & Ainun 3 dijadwalkan tayang pada 19 Desember 2019.

Reza Rahadian masih dipercaya memerankan tokoh Habibie. Sementara, tokoh Ainun muda diperankan oleh Maudy Ayunda.

Lalu ada Jefri Nichol yang berperan sebagai Ahmad, Lukman Sardi sebagai Ayah Ainun, dan Marcella Zalianty sebagai Ibu Kandung Ainun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com