Kompas.com - 11/11/2019, 17:21 WIB
Boyband Kpop pendatang baru, X1, yang terbentuk dari ajang Produce X 101. Dokumentasi tVNBoyband Kpop pendatang baru, X1, yang terbentuk dari ajang Produce X 101.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar kabar boyband asal Korea Selatan, X1, belum mendapatkan bayaran atas kerja kerasnya sebagai idol.

Media Korea Selatan, Sports Seoul, yang dilansir oleh Soompi dan dikutip Kompas.com pada Senin ini (11/11/2019) mengabarkan, semua member X1 dan sejumlah agensinya belum menerima hak mereka secara finansial.

Seorang sumber dari salah satu agensi pun merespons kabar yang beredar.

Baca juga: Boyband X1 Umumkan Akun Media Sosial

"Ini sudah tiga bulan sejak X1 debut, jadi benar bila itu belum saatnya untuk mereka mendapatkan pembayaran. Meskipun keuntungan sudah ada dari penjualan album fisik dan digital, butuh waktu untuk keuntungan bisa dikeluarkan," ujar sumber yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Pendapat serupa juga diutarakan oleh sumber dari agensi lain dan menganggap pembayaran diterima per tiga bulan.

"Itu tergantung dengan kontrak, tetapi umumnya pembayaran dilakukan secara quarter. Sudah sekitar tiga bulan sejak debut X1, jadi profit dari penjualan album fisik dan digital mereka belum dirampungkan seperti sejauh yang kita tahu. Normal bila belum dibayarkan," kata seorang sumber lagi.

Baca juga: Baru Debut 4 Hari, X1 Rebut Rekor Penjualan Album Debut Wanna One

X1 yang beranggotakan 11 orang baru saja debut pada 27 Agustus 2019 lalu setelah memenangi audisi Produce X 101.

Debut mereka menorehkan hasil impresif dengan penjualan 570 ribu album. Mereka juga tampil di berbagai variety show.

Sayangnya, mereka terkena dampak dari kasus manipulasi voting Produce X 101 dan ditangkapnya dua produser pada 5 November 2019 lalu.


Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X