Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Perkara Dugaan Plagiat Akun Calon Sarjana dan Permintaan Maaf CEO Infia

Kompas.com - 09/11/2019, 10:49 WIB
Andika Aditia,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar tak menyenangkan datang lagi terkait permasalahan hak cipta. Kali ini justru pemilik akun asal Indonesia yang tersangkut masalah hak cipta milik YouTuber asing.

Awal mula

Hal ini pertama terungkap oleh pemilik konten yang isinya dicuri oleh akun Calon Sarjana. Akun dengan nama JT ini bahkan mengatakan konten miliknya yang diambil oleh Calon Sarjana sama persis hingga bagian thumbnail.

"Aku menemukan YouTubers yang mencuri kontenku," kata akun YouTubeJT seperti dikutip Kompas.com, Jumat (7/11/2019).

Baca juga: Kepergok Curi Konten YouTuber Asing, Calon Sarjana Minta Maaf

JT mengatakan dan memberi bukti-bukti bahwa akun Calon Sarjana telah mencuri secara keseluruhan, baik informasi secara keseluruhan, hingga thumbnail. Sayangnya, Calon Sarjana tidak mencantumkan kredit sama sekali.

"Mereka meletakkan watermark mereka di thumbnail-ku dan mengklaim sebagai milik mereka. Mereka mengaku seluruh video, mengaku menemukan semuanya, melakukan penelitian, yang sebenarnya hanya dicuri dariku," imbuh JT.

Calon Sarjana minta maaf

Sadar akan kesalahan yang telah diperbuat, Akun Calon Sarjana menyampaikan permintaan maaf secara langsung pada JT yang kemudian di unggah JT di akun Twitter miliknya @JTonYouTube.

"Kepada pemilik YouTube Channel JT, mewakili channel YouTube Calon Sarjana, kami menyampaikan permintaan maaf yang mendalam telah mencuri ide, dan menggunakan thumbnail dan potongan dari video anda tanpa persetujuan anda," tulis akun Calon Sarjana yang diunggah JT.

Baca juga: CEO Infia Angkat Bicara Terkait Dugaan Plagiat Akun Calon Sarjana

"Kami telah menyadari apa yang kami perbuat sangat salah, dan kami benar-benar minta maaf atas pelanggaran serius dari kepemilikan kreatif," lanjut akun Calon Sarjana dalam permohonan maafnya pada JT.

Calon Sarjana yang sudah dibuli oleh para pengguna Twitter juga meminta maaf pada seluruh subscriber mereka karena telah melakukan kesalahan dan mengecewakan banyak orang.

"Kami juga memohon maaf kepada seluruh subscribers dan seluruh pihak yang telah kami kecewakan. Kami selalu berusaha untuk belajar dari kesalahan dan permasalahan yang telah terjadi," tulis akun @CalonSarjana seperti dikutip Kompas.com, Jumat (7/11/2019).

Ernest Prakasa soroti plagiat Calon Sarjana

Ernest Prakasa melalui akun Twitter-nya, @ernestprakasa juga menuliskan cuitannya terkait kasus pencurian konten YouTube tersebut.

Baca juga: [TERPOPULER HYPE] Anang Jadi Tukang Parkir, Mobil Tabrakan | Calon Sarjana Plagiat

"Seriusan YouTube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan enggak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan sudah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat," tulis Ernest, Kamis, 7 November 2019.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com