Anang Hermansyah: Semua Hidup karena Ada Musik, tapi Pencipta Lagu Tidak Dapat Apa-apa

Kompas.com - 07/11/2019, 16:43 WIB
Kompas.com/Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Anang Hermansyah, musisi dan pegiat ekonomi kreatif, mengatakan, Kadin seharusnya bisa membantu sektor musik karena ada banyak sektor usaha di bawah Kadin yang memanfaatkan musik, tetapi pencipta lagu tidak merasakan manfaatnya.

Masalah hak cipta memang masih menjadi pekerjaan rumah di industri musik Indonesia.

Di sinilah pentingnya ada dorongan dari para pelaku usaha, terutama untuk menegakkan hak cipta dan royalti bagi pelaku industri musik, dalam hal ini terkait dengan peran Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Baca juga: Anang Hermansyah Beri Kado Mewah kepada Ashanty sampai Miliaran Rupiah

"Kadin yang banyak tersebar di berbagai sektor yang memanfaatkan musik, mau tidak membayar royalti?" kata Anang dalam keterangan tertulis Dialog Nasional Ekonomi Kreatif yang digelar Kadin, di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Musisi asal Jember ini lantas mengatakan,"produk musik dipakai di mana-mana, tenant-tenant pariwisata semua hidup karena ada musik, tapi pencipta lagu tidak mendapat apa-apa."

Dari data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengungkapkan, sektor musik hanya mampu berkontribusi dalam Produk Domestik Bruto (PDB) hanya 0,48 persen.

Baca juga: Ketika Anang Hermansyah Kembali dan Sukses Hijau di Indonesian Idol X

"Padahal banyak sektor yang menggunakan musik. Artinya musik Indonesia banyak bocornya, harusnya pendapatan musik besar," ucap Anang.

Mantan anggota Komisi X DPR periode 2014-2019 ini menyebutkan di situasi yang serba minimalis di sektor musik Indonesia, masih ada harapan dengan melakukan penguatan terhadap Lembaga Kolektif Manajemen Nasional (LMKN).

LMKN ini memiliki fungsi seperti KPK, yang bertugas menarik dan menghimpun royalti dengan standar internasional.

"Saya berharap di periode kedua Pak Jokowi dapat mengangkat subsektor kreatif yang selama 5 tahun terakhir tidak sampai 1 persen," kata musisi dan pegiat ekonomi kreatif itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X