Kimo Stamboel Ungkap Beda Ratu Ilmu Hitam 1981 dan 2019

Kompas.com - 05/11/2019, 11:41 WIB
Poster film Ratu Ilmu Hitam. IMDbPoster film Ratu Ilmu Hitam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Kimo Stamboel didapuk menggarap ulang film horor Ratu Ilmu Hitam yang sebelumnya pernah populer di era 80-an ke dalam versi 2019.

Kimo mengatakan, ada beberapa perbedaan yang dia buat bersama Joko Anwar yang terlibat penuh pada penulisan skenario.

"Perbedaannya dari angle segi cerita ini sangat beda sekali. Maksudnya ceritanya beda, karakternya beda," kata Kimo dalam jumpa pers dan pemutaran khusus film Ratu Ilmu Hitam, di Epiwalk, Kuningan Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

Namun, Kimo dan Joko tetap mengangkat tema yang sama yakni tentang balas dendam, tentunya dengan plot twist yang mengejutkan.

"Yang membuat sama itu sebenarnya memang dendamnya itu sih. Tema utamanya, dendamnya itu, masih kental di sini," tutur Kimo.

Baca juga: Cerita Zara JKT48 Main Film Ratu Ilmu Hitam, Perdana Hingga Kesakitan

"Namun kalau dulu itu sangat jelas, tapi di sini kita bikin agak misterius dan ada jawabannya kalau lo nonton filmnya mendekati habis," sambungnya.

Selain bertabur kelabang dan serangga-serangka yang mengerikan lainnya, Kimo juga memasukkan trypophobia (ketakutan pada sekumpulan lubang kecil) untuk menghadirkan rasa takut dan jijik dalam film tersebut.

Film Ratu Ilmu Hitam kali pertama ditayangkan pada 1981 dengan sutradara Lilik Sudjio.

Kala itu, film tersebut dibintangi oleh Suzzanna, Alan Nuari, WD Mochtar, Teddy Purba, dan Sofia WD.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Film Horor Ratu Ilmu Hitam

Film berdurasi 95 menit ini mendapatkan nominasi untuk aktris terbaik (Suzanna), pemeran pembantu terbaik (WD Mochtar), penyunting terbaik, penata artistik terbaik, dan sinematografi terbaik dalam Festival Film Indonesia 1982.

Ratu Ilmu Hitam berkisah tentang seorang perempuan bernama Murni yang dituduh sebagai sumber kekacauan sebuah desa hingga akhirnya ia dibuang ke jurang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X