Kompas.com - 03/11/2019, 08:08 WIB
Coldplay ISTColdplay

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki lebih dari seribu kelompok suku, sebagai negara, Indonesia sudah pasti kaya akan budaya, bahasa dan kearifan lokal.

Keragaman corak yang dimiliki Indonesia tak jarang membuat bangsa asing tertarik. Salah satu kekayaan budaya yang terkenal dari tanah air adalah batik.

Belakangan, banyak musisi dan selebriti asal Korea Selatan kedapatan mengenakan batik. Sebut saja, V dan Suga BTS, Sehun dan Kai EXO, serta Tiffany dari SNSD.

Terbaru, rapper asal Korea Selatan, Jessica Hyun ju Ho menggunakan wayang golek sebagai properti dalam video musik terbarunya bertajuk “Drip”.

Baca juga: Wow, Ada Wayang Golek di Video Klip Terbaru Rapper Korea Selatan

Namun, jauh sebelum para musisi Korea Selatan, musisi kenamaan dunia sudah memperkenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia pada dunia. Siapa saja mereka? Berikut di antaranya.

1. Carlos Santana

Gitaris handal asal Amerika Latin ini tampak bangga mengenakan kemeja batik dalam video musik berjudul “Into The Night”.

Berkolaborasi dengan vokalis Nickleback, Chad Kroeger, Santana terlihat mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna hijau.

Kabarnya, Santana memang pencinta batik. Oleh karenanya, jangan heran apabila melihat pria 62 tahun ini kerap mengenakan batik.

Baca juga: Berkat Batik, Desa Giriloyo Yogya Bangkit Pasca-gempa

2. MLTR

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.