Perjalanan Ambon Dinobatkan sebagai Kota Musik

Kompas.com - 01/11/2019, 10:21 WIB
Kota Ambon, Maluku terpilih sebagai Kota Musik oleh UNESCO. Instagram/@budayasayaKota Ambon, Maluku terpilih sebagai Kota Musik oleh UNESCO.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Ambon, Maluku, dinobatkan sebagai salah satu Kota Musik Dunia oleh UNESCO.

Ambon pun bersanding dengan 65 kota lainnya yang ditunjuk UNESCO dan akan bergabung dalam Jaringan Organisasi Kota Kreatif yang kini berjumlah total 246 anggota.

Bagaimanakah perjalanannya?

Ajukan Diri

Ambon Music Office dan Pemerintah Kota Ambon sebelumnya telah mengajukan dokumen tentang Ambon Kota Musik Dunia kepada Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Pengajuan dan penyerahan dokumen itu dilakukan pada 7-9 September 2018 di Bali.

Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama AMO dan Pemkot Ambon menyusun dokumen yang berisi garis besar rencana strategis.

Hal itu guna memenuhi persayaratan yang ditetapkan UNESCO.

Ditetapkan UNESCO

Dalam rangka Hari Kota Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Oktober, UNESCO telah menobatkan Ambon menjadi salah satu kota musik dunia.

Dalam situs  Unesco.org disebutkan bahwa jaringan ini menyatukan kota-kota yang mendasarkan pengembangan mereka pada kreativitas, baik dalam musik, seni dan kerajinan rakyat, desain, bioskop, sastra, seni digital dan gastronomi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X