Ucapan Lucinta Luna Ini Bikin KPI Tegur Keras Pesbukers

Kompas.com - 31/10/2019, 11:51 WIB
KPI Pusat memberikan teguran tertulis kepada tayangan Pesbukers. Instagram/@kpipusatKPI Pusat memberikan teguran tertulis kepada tayangan Pesbukers.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya mendapat teguran beberapa kali dari Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI), Pesbukers ANTV kembali mendapat teguran setelah tayangan pada 12 September 2019 mulai pukul 17.18 WIB.

KPI mendapati Lucinta Luna mengucapkan kalimat kasar pada tayangan Pesbukers ANTV tersebut.

"Kali kedua gue show diperlakukan pelecehan kayak b*** itu b*****t abiz lo berurusan sama gue gak pake lama hari ini malam ini gue buat laporan buat lo laki b*****t”," dalam keterangan yang dirilis kpi.go.id.

Lucinta Luna ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).KOMPAS.com/IRA GITA Lucinta Luna ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, mengatakan adegan tersebut sudah menyalahi sejumlah pasal dalam P3SPS terkait dengan perlindungan anak dan remaja.

Ada 4 pasal yang dilanggar dalam tayangan tersebut antara lain Pasal 14 Ayat (2) P3, Pasal 21 Ayat (1) P3, Pasal 15 Ayat (1) SPS, dan Pasal 37 Ayat (40a).

Baca juga: Ayu Ting-ting Hengkang dari Pesbukers

Mulyo menjelaskan pelanggaran dari pasal-pasal tersebut, dalam pasal 14 Ayat (2) P3 menyebutkan bahwa lembaga penyiaran wajib memperhatikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran.

"Lalu, pada pasal 21 ayat 1 P3 menyebutkan lembaga penyiaran wajib tunduk pada ketentuan penggolongan program siaran berdasarkan usia dan tingkat kedewasaan khalayak di setiap acara," penjelasan tambahan Mulyo

"Kemudian, di dalam pasal 15 ayat 1 SPS menegaskan bahwa program siaran wajib memperhatikan dan melindungi kepentingan anak-anak dan atau remaja. Adapun di pasal 37 ayat 4 huruf a dikatakan program siaran klasifikasi R dilarang menampilkan muatan yang mendorong remaja belajar tentang perilaku yang tidak pantas dan atau membenarkan perilaku yang tidak pantas tersebut sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari,” lengkap Mulyo.

Mulyo berharap pihak ANTV dapat segera melakukan pembenahan, mengingat Pesbukers sudah pernah mendapat beberapa teguran.

Baca juga: Terima Surat dari KPI, Pihak ANTV Berjanji Lakukan Perbaikan Konten Pesbukers


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X