Hindia Bikin Petisi "Spotify-kan Jejeboy" untuk Jason Ranti

Kompas.com - 25/10/2019, 14:46 WIB
Jason Ranti tampil pada hari kedua Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). Festival musik yang berlangsung hingga Minggu (8/10/2017) tersebut menampilkan beberapa musisi di antaranya ada Bangkutaman, Jason Ranti, Adhitya Sofyan, Float, Pee Wee Gaskins, Indische Party, dan Hello Dangdut. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOJason Ranti tampil pada hari kedua Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). Festival musik yang berlangsung hingga Minggu (8/10/2017) tersebut menampilkan beberapa musisi di antaranya ada Bangkutaman, Jason Ranti, Adhitya Sofyan, Float, Pee Wee Gaskins, Indische Party, dan Hello Dangdut.

JAKARTA KOMPAS.com - Baskara Putra, melalui akun Instagram dan Twitter miliknya mengumumkan petisi untuk mengarsipkan karya Jason Ranti ke layanan musik daring, Spotify

Petisi yang dibuat di situs change.org ini sudah ditandatangani lebih dari 3 ribu orang dari target 5 ribu orang yang mengisi, hingga Jumat (25/10/2019) siang ini. 

Dalam deskripsi dari petisi itu, Baskara, yang juga seorang musisi menceritakan bagaimana petisi ini bisa muncul.

Baskara mempertanyakan lagu Jason Ranti yang tidak ada di Spotify.

Baca juga: Ada Jason Ranti di Album Baru The Flowers

Jason Ranti menjawab singkat pertanyaan itu dan ia mengaku tidak mengerti.

"Saya yakin bahwa tanpa masuknya lagu-lagu beliau ke katalog digital, nama Jason Ranti akan tetap besar dan harum. Terbukti dari banyaknya jumlah penonton yang kerap mendatangi pertunjukan Jeje setiap minggu," tulis Baskara seperti dikutip Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Memperingati hari besar ya lord @jasonranti yang minggu ini berulang tahun, di sini niat baik saya adalah untuk menindaklanjuti pembicaraan kami beberapa minggu ini perihal pengarsipan seluruh katalog Jason Ranti secara digital agar bisa dinikmati di @spotifyasia dan seluruh layanan musik digital lainnya agar kawan-kawan yang sudah tak memiliki akses langsung ke CD player setiap saat dan/atau gatal dengan YouTube yang tabnya harus selalu terbuka agar bisa menikmati tembang-tembang Jejeboy kapanpun, di manapun (baca: saat melawan rezim, saat sexytime di kos-kosan hingga saat sedang jalan-jalan di berbagai lokasi yang ex0tic). — Kata Jeje, kalau petisinya banyak ditandatangani, Ia bersedia menaikkan lagu-lagunya ke Spotify. Mari: link bisa dikases di bit.ly/spotifykanjejeboy — Detil cerita selengkapnya bisa diakses di tautan atas tersebut — Foto oleh mbak @carolineranti — kami tak banyak foto proper karena tiap kali ketemu pasti keadaan backstage sedang /c a u r/

A post shared by Baskara Putra / Hindia (@wordfangs) on Oct 24, 2019 at 6:42am PDT

"Atau yang khawatir suatu saat katalog musik beliau bisa terancam kelangsungan umurnya entah karena perubahan zaman (atau bahkan lansekap dan iklim sosial politik) jika tak diarsipkan secara digital di lebih dari satu tempat," ujar Baskara yang juga penggemar Jason Ranti. 

Baskara Putra yang memiliki proyek solo bernama Hindia ini menyebutkan jika petisinya banyak yang menandatangani, Jason Ranti bersedia menaikkan lagunya ke Spotify.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X