Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nama Blackpink Terseret dalam Pengunduran Diri Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, Kenapa?

Menurut sumber, AS mengusulkan penampilan bersama grup K-pop BLACKPINK dan penyanyi-penulis lagu Amerika Lady Gaga selama kunjungan kenegaraan Yoon.

Tapi Kim dilaporkan gagal menyampaikan proposal tersebut kepada Yoon tepat waktu, menyebabkan kemungkinan penundaan dalam persiapan kunjungan kenegaraan 26 April 2023.

Berbagai sumber di dalam dan di luar kantor kepresidenan menyatakan pengunduran diri tersebut adalah hasil dari kebingungan yang memuncak antara kantor dan Kementerian Luar Negeri saat mempersiapkan acara diplomatik Yoon baru-baru ini.

"Ada beberapa desas-desus tentang kebingungan yang ada antara kementerian dan kantor kepresidenan," kata seorang pejabat blok yang berkuasa.

"Sehingga presiden dapat memilih untuk meluncurkan perombakan pembantu diplomatiknya dalam waktu dekat menjelang pemilihan umum tahun depan, yang mungkin melibatkan kepergian Menteri Luar Negeri Park Jin dari jabatannya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan," lanjutnya.

Meskipun mantan penasihat keamanan nasional mengatakan dia berharap diplomasi negara dan urusan negara tidak akan terpengaruh oleh "kontroversi yang berasal dari saya," para ahli mengatakan ini dapat memberi AS kesan negatif terhadap kemampuan diplomatik Korea Selatan.

"Dengan satu bulan tersisa sebelum kunjungan kenegaraan, penggantian mereka jelas akan berdampak buruk pada KTT," ujar Kim Joon Hyung, seorang profesor di Handong Global University dan mantan rektor Akademi Diplomatik Nasional Korea.

Dalam pesan teks yang dikirim kepada wartawan, Rabu, Direktur Keamanan Nasional Kim Sung Han mengumumkan pengunduran dirinya.

Dalam waktu kurang dari satu jam, kantor kepresidenan mengumumkan bahwa Cho Tae Yong, duta besar Seoul untuk AS, akan menggantikan Kim.

Kantor kepresidenan mengatakan kedua sekretaris itu meninggalkan jabatan mereka karena "alasan pribadi".

Saat mengumumkan pengunduran dirinya, Kim hanya mengatakan dia yakin telah menyelesaikan pekerjaan yang ingin dia lakukan dan akan kembali ke pekerjaan sebelumnya di Universitas Korea seperti yang direncanakan.

Dia juga mengatakan persiapan untuk kunjungan presiden ke AS berjalan lancar.

Tetapi dia tidak ingin "kontroversi yang disebabkan oleh saya" menambah beban pada pekerjaan diplomatik negara atau administrasi urusan negara.

Kantor kepresidenan tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini.

Rumor yang menyebut bahwa BLACKPINK adalah alasan penggantian mendadak Kim menjelang fungsi diplomatik utama, seperti kunjungan kenegaraan ke Washington, telah membuat banyak orang curiga bahwa faktor-faktor lain pasti ikut berperan.

Para ahli mengatakan pengunduran diri itu tidak akan mempengaruhi keseluruhan tema kunjungan kenegaraan bulan depan, yaitu untuk merayakan ulang tahun ke-70 aliansi antara kedua negara dan memperdalam hubungan mereka sebagai mitra yang dapat diandalkan.

Namun, hal ini dapat memperlambat proses penetapan agenda KTT dan mengikis kepercayaan dan rasa hormat yang dimiliki pejabat diplomatik AS terhadap mitra mereka di Korea Selatan.

Diberitakan sebelumnya, agensi BLACKPINK, YG Entertainment menanggapi rumor kemungkinan girl group tersebut tampil bersama penyanyi Lady Gaga dalam acara kepresidenan di Amerika Serikat (AS).

YG Entertainment mengatakan mereka tengah mempertimbangkan tawaran tersebut.

“BLACKPINK telah ditawari untuk tampil bersama Lady Gaga dalam rangka kunjungan kenegaraan Presiden Yoon Suk Yeol ke Amerika Serikat. Kami sedang mempertimbangkannya,” tutur perwakilan YG Entertainment, dikutip dari Soompi, Selasa (28/3/2023).

https://www.kompas.com/hype/read/2023/03/30/141548866/nama-blackpink-terseret-dalam-pengunduran-diri-penasihat-keamanan-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke