Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Penonton Konser Dewa 19 di Jakarta Mengeluh, El Rumi: Serba Salah Juga Kita

Keluhan penonton bahkan viral di media sosial setelah mereka membagikan video perjuangan untuk menonton konser yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (4/2/2023).

"Aku bikin klarifikasi, kemarin banyak yang marah-marah karena pulang sampai subuh dan sebagainya," kata El dikutip dari YouTube TS Media.

"Jadi sebenarnya Dewa itu tampil jam 07.00 sampai 11.00 (malam). Dewa selesai, masih ada tampilan dari Ahmad Dhani electronic band," lanjutnya.

El menjelaskan bahwa penampilan dari Ahmad Dhani electronic band itu direncanakan untuk mengisi waktu dan memecah jumlah penonton yang keluar stadion.

"Jadi jam 11.00 Dewa selesai, boleh tu yang mau pulang silakan pulang, yang mau bertahan silakan bertahan masih ada hiburan," ucap El.

Namun rencana itu akhirnya tidak bisa terwujud, bahkan Ahmad Dhani electronic band tak jadi tampil karena konser Dewa 19 baru dibuka pukul 20.00.

Mundurnya konser Dewa 19 itu disebut El karena penonton datang terlambat akibat masalah lalu lintas.

"Tapi karena kendala traffic, orang juga dateng telat, jam 07.00 itu belum full, jadi kita mau mulai konser juga enggak enak sama yang belum dateng," ucap El.

"Jadi serba salah juga kita. Akhirnya mulai jam 08.00 sampai jam 12.00, jam 12.00 udah enggak boleh lagi sama polisi untuk ada acara," sambungnya.

Karena itu, rencana panitia memecah jumlah penonton saat pulang tidak berhasil, sehingga membuat 75.000 orang penonton keluar bersamaan.

"Akhirnya 75.000 orang pulang berbarengan, baru keramaian, jadi orang pulang sampai subuh. Sebenarnya karena itu," kata El.

"Kita sebenarnya di rundown jam 07.00 sampai 11.00," imbuhnya.

El tidak menyalahkan penonton yang datang terlambat, karena dia juga tahu semua terkendala dengan akses dan transportasi.

Dia hanya berharap, hal ini bisa menjadi evaluasi, mengingat sepengetahuan El, JIS didesain seperti stadion-stadion di Eropa yang memang dirancang agar penonton menggunakan transportasi umum.

"JIS itu didesain untuk orang datang dengan transportasi umum, kayak stadion-stadion di Eropa, orang datang dengan MRT, setahuku ya, boleh dikoreksi kalau salah," ucap El.

"Yang jadi masalah, di sini kendaraan umumnya belum memadai. Coba udah ada MRT, udah aman semua. Mungkin ini bisa jadi bahan evaluasi untuk semua, supaya tidak terjadi lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, viral cerita salah seorang kreator konten @shitlicious tentang pengalamannya menonton konser Dewa 19 di JIS. 

"Jalan kaki karena mobil macet parah lalu ngojek akamsi biar cepet sampai," kata Alitt dalam videonya.

Komentar terkait lokasi konser juga dikeluhkan pengguna media sosial lainnya. 

"JIS bukan tempat yang bagus buat bikin event gede nampaknya. Nonton Dewa 19, sampai JIEXPO (kantong parkir) kira-kira setengah 4, cari parkir, antri shuttle, dan masih di shuttle jam 18.41," tulis @squilliams.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/02/17/090824666/banyak-penonton-konser-dewa-19-di-jakarta-mengeluh-el-rumi-serba-salah-juga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke