Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sosok Yoon Jung Hee, Selebritas yang Meninggal Dunia di Tengah Pertarungan Hukum antara Keluarga

Menurut orang industri perfilman, Yoon Jung Hee meninggal di Paris pada Kamis (19/1/2023).

Keluarga Yoon Jung Hee tidak merilis pernyataan resmi terkait kematian Yoon Jung Hee.

Yoon lahir di Busan, Korea Selatan pada tahun 1944.

Popularitasnya meroket saat membintangi film Sorrowful Youth tahun 1967.

Peran itu didapatkannya melalui audisi saat menghadiri Universitas Chosun.

Yoon dianggap sebagai tokoh terkemuka di perfilman Korea dengan karier yang produktif dan terkenal.

Aktris ini memikat penonton dan kritikus dengan berbagai akting, tampil di sekitar 280 karya dan mendapatkan lebih dari 20 penghargaan aktris terbaik di upacara domestik.

Dia membintangi sejumlah film dari tahun 1960-an hingga 1980-an, dan terkenal karena Mist (1967), Longing in Every Heart (1967), An Old Potter (1969) dan A Shaman's Story ( 1972).

Dia memenangkan penghargaan artis terbaik dari Blue Dragon Film Awards, salah satu penghargaan film utama Korea, untuk perannya di Oyster Village (1972), yang dinominasikan untuk Golden Bear di Festival Film Internasional Berlin ke-22.

Karyanya tahun 1981 Liberal Wife '81 adalah film yang paling banyak ditonton tahun ini.

Yoon menghilang dari pandangan publik saat dia pindah ke Prancis bersama suaminya, pianis terkenal Paik Kun-woo, dan seorang putri.

Pada tahun 2010, ia memecah keheningan panjang dan kembali ke layar lebar untuk film Poetry yang memenangkan drama layar terbaik di Festival Film Cannes tahun itu.

Saat berjuang melawan penyakit Alzheimer, dia meraih penghargaan aktris terbaik di Penghargaan Layar Asia Pasifik, upacara penghargaan film dan budaya Australia, dan Penghargaan Film Daejong.

Selama kariernya, Yoon pernah menjabat sebagai anggota juri di Festival Film Dunia Montreal pada tahun 1995, Festival Film Mumbai pada tahun 2010, Festival Dinard of British Cinema dan Blue Dragon Film Awards, salah satu penghargaan tertinggi di Korea Selatan, pada tahun 2016.

Terlepas dari kariernya yang bersinar, kehidupan pribadi Yun mendapat sorotan media.

Dia harus menghadapi pertarungan hukum seputar perwalian hukum antara keluarga dan saudara kandungnya.

Pada 2019, saudara kandung Yoon menuduh suami dan putri Yoon mengabaikan Yoon yang sedang sakit, dan mengklaim perwalian resminya di Prancis.

Putri Yoon, Paik Jin-hee, meminta pengadilan Korea untuk menunjuknya sebagai wali sah Yoon di Korea dan memenangkan kasus tersebut pada tahun 2021. 

Tetapi saudara kandungnya mengajukan banding atas kasus tersebut. Dengan kematian Yoon, kasus banding diperkirakan akan dibatalkan.

https://www.kompas.com/hype/read/2023/01/20/121518966/sosok-yoon-jung-hee-selebritas-yang-meninggal-dunia-di-tengah-pertarungan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke