Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru Tahu Setelah Ayahnya Meninggal Dunia, Anak Ki Joko Bodo: 'Jangan Ada yang Ikuti Jejak Ayah', Ngomong Gitu

Seperti yang diungkap oleh Refo, anak kedua Ki Joko Bodo yang baru tahu fakta lain tentang ayahnya justru setelah ayahnya meninggal dunia.

Refo juga mengetahuinya secara kebetulan, karena cerita dari teman-teman SMA Ki Joko Bodo.

"Aku baru tahu, kemarin kan temen-temen SMA ayah datang ke rumah, temen-temen SMA ayah bilang, ayah sempat curhat," kata Refo dikutip dari Rumpi Trans tv.

"'Aku enggak pengin anak-anakku kayak aku,'" ujar Refo menirukan ucapan ayahnya yang dia dengar dari teman SMA Ki Joko Bodo.

Begitu tidak ingin jejak langkah dia diikuti oleh anak-anaknya, Ki Joko Bodo sampai memberikan pendidikan agama yang terbaik untuk anak- anaknya.

"Makanya ayah itu sekolahin kita di sekolah Islam, ngajiin kita, kasih guru les," ucap Refo.

"'Pokoknya jangan ada yang ikuti jejak ayah,' itu ngomong kayak gitu," sambungnya.

Sementara itu, diakui anak perempuan Ki Joko Bodo, Sasti bahwa ayahnya memang tak lagi mengejar dunia sejak menjalani ibadah umrah.

Bahkan di rumahnya rutin digelar pengajian.

Kegiatan pengajian yang dimulai sejak sekitar lima tahun lalu juga semakin rutin dilakukan dua tahun sebelum Ki Joko Bodo meninggal.

"Dia ngerasa selama ini dia ngejar dunia terus, mana akhiratnya. Mulai dari itu manggil ustaz dari Jogja, ngaji bareng-bareng, shalat bareng," ujar Sasti.

"Udah (berjalan) lima tahun. Tapi kalau misal benar-benar ikut pengajian terus menerus, dua tahun terakhir," lanjutnya.

Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022) pagi.

Tidak diketahui penyebab meninggalnya apa, hanya saja 40 hari sebelum meninggal, kondisi kesehatan Ki Joko Bodo terus menurun dan sempat dirawat di rumah sakit.

Ki Joko Bodo sendiri diketahui sebagai lulusan Sarjana Ekonomi yang pernah bercita-cita untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). 

https://www.kompas.com/hype/read/2022/11/29/101327266/baru-tahu-setelah-ayahnya-meninggal-dunia-anak-ki-joko-bodo-jangan-ada-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke