Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Anggota Srimulat Zaman Dulu

Baru-baru ini, Srimulat diadaptasi lagi menjadi sebuah film berjudul Srimulat: Hil Yang Mustahal, yang dibintangi oleh para aktor muda.

Srimulat adalah grup lawak legendaris Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1950-an.

Didirikan di Surakarta oleh Raden Ayu Srimulat dan Teguh Slamet Rahardjo, Srimulat hadir menghibur masyarakat lewat pertunjukan langsung dari satu kota ke kota lain di Jawa Timur sampai Jawa Tengah.

Srimulat yang hadir menghibur dengan memadukan lawak, musik, serta kritik sosial ini sampai dikenal secara nasional setelah muncul di televisi swasta pada akhir 1980-an.

Sempat rasakan masa jaya dengan bongkar pasang anggota, Srimulat dibubarkan oleh Teguh pada 1989 seiring dengan bermunculannya grup lawak lain yang tampil di televisi.

Meskipun demikian nama Srimulat tak kunjung di redup dalam sejarah pentas komedi Indonesia hingga muncul reuni Srimulat yang diusung oleh Gogon pada 1995.

Grup lawak itu kembali menghibur hingga tahun 2003. Vakum lagi selama dua tahun, lalu kembali muncul di Indosiar pada 2006 dalam 36 episode.

Setelah pembubarannya, anggota Srimulat menempuh jalan masing-masing dan sebagian masih aktif di dunia hiburan, seperti Tessy, Nunung, Doyok, dan Kadir.

Anggota Srimulat yang tersisa masih mengisi program bertajuk Srimulat, seperti Srimulat Night Live (2014), Saatnya Srimulat (2015), dan Temu Lawak (2020).

Sejak didirikan pertama kali oleh Teguh dan istrinya, Srimulat mengalami bongkar pasang pemain, anggotanya secara keseluruhan ada Abimanyu Srimulat, Ainuriza, Basuki, Asmuni, Bambang Gentolet.

Bambang Sutedjol, Bandempo, Basuki, Bendot, Betet, Blontang, Darsono, Didik Mangkuprojo, Djudjuk Djuariah, Djuki, Doyok, Edi Geyol, Eko Londo, Eko Srimulat, Eko DJ, George Sapulete, Gepeng, Gogon, Isye.

Isye, Jhony Gudel, Kadir, Karjo AC-DC, Kisbandiyah, Leysus, Mamiek Prakoso, Marjuki, Miarsih, Misye, Arsita, Nunuk Murdono, Nunung, Nurbuat, Paimo, Paul, Pengki, Pete, Polo, Ranudikromo, Rina Rawit, Rohana, Ruspentil, Samekta Hadi.

Sarpin, Sigit, Subur, Sukar 141, Sumiati, Suparni, Suroto Suroboyo, Susi Sunaryo, Sutrisno, Sofiah, Tatang, Tarzan, Teguh Srimulat, Tessy, Timbul Suhardi, Tohir Drakula, Totok Hidayat, Topan, Triman, Tukul Arwana, Vera, dan Yongki Drakula

Dari sekian banyak anggota Srimulat, ada lima pelawak yang masih aktif menghibur masyarakat Indonesia yakni Nunung yang popularitasnya makin meningkat usai bergabung dengan Opera Van Java.

Selanjutnya ada Kadir yang sesekali tampil di televisi sebagai bintang tamu acara ragam. Ada Tarzan alias Toto Maryadi yang aktif jadi pemain sinetron dan film.

Ada Tessy yang terkadang tampil di televisi sebagai bintang tamu acara ragam dan terakhir Tukul Arwana yang namanya besar karena program Empat Mata.

Ada juga anggota Srimulat senior yang namanya tak lekang oleh waktu meskipun sudah berpulang.

Mereka adalah Gepeng, Bendot, Asmuni, Basuki, Timbul Suhardi, Mamiek Prakoso, Djudjuk Djuariah, Eko DJ, Bambang Gentolet, dan Gogon.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/05/24/171316866/mengenal-anggota-srimulat-zaman-dulu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke