Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jackie Chan Hampir Meninggal Saat Syuting Police Story, Ini yang Terjadi

Chan mengalami banyak tantangan saat syuting Police Story, film Hong Kong tahun 1985.

Di akhir film, ada adegan di mana karakter Chan mengejar penjahat di sebuah pusat perbelanjaan.

Saat dia berada di lantai yang tinggi di atas mereka, Chan melompat ke tiang dan meluncur turun beberapa lantai untuk mencapai mereka.

Tapi ini bukan sembarang tiang, Chan tidak hanya harus melompat dari pagar dan menangkap tiang di udara, tetapi tiang itu sendiri dikelilingi oleh lampu hias yang akan hancur saat Chan turun.

Sementara visualnya membuat adegannya terlihat menarik, aksi itu menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan cedera, terlebih tak ada pengaman di bagian bawah jika Chan jatuh, karena hanya ada mobil berisi permen tempatnya mendarat. 

Dia juga bisa tersetrum oleh lampu listrik yang meledak. Namun, Chan yakin bahwa lampu bisa dimatikan jika terjadi kesalahan.

Terlepas dari tindakan pencegahan yang telah dipikirkan untuk membuatnya tetap aman, aksi itu berubah menjadi buruk karena kesalahan pencahayaan, menyebabkan tiang panas hingga suhu tinggi.

Karena betapa panasnya tiang itu, mungkin naluri alami seseorang untuk melepaskan, atau bahkan melonggarkan cengkeramannya, dari tiang itu.

Tetapi untungnya, Chan bertahan terlepas dari rasa sakit yang dirasakan.

Dia mencapai dasar dengan selamat dan mengalami luka bakar tingkat dua di tangannya.

Meski tangannya terluka akibat aksi tersebut, Jackie Chan masih bisa melakukan syuting adegan Heart of Dragon di hari yang sama.

Ini bukan pertama atau terakhir kalinya Chan berada dalam bahaya karena aksinya.

Sebenarnya ada insiden penting lain yang terjadi saat penembakan Police Story, yaitu ketika dia jatuh melalui kaca display dan harus dirawat di rumah sakit.

Sayangnya, kecelakaan pasti akan terjadi, mengingat banyaknya aksi menantang maut yang telah dilakukan Chan selama bertahun-tahun.

Adegan berbahaya itu adalah bagian penting dari proses syuting bagi Chan sehingga dia bahkan memiliki Tim Stuntman sendiri yang bekerja dengannya dari film ke film selama beberapa dekade.

Di beberapa filmnya, Chan telah memiliki daftar panjang cedera dan patah beberapa tulang.

Ini tentu saja akan mengakibatkan penundaan produksi, tetapi itu tidak menghalangi tekad aktor untuk terus melakukan aksinya sendiri.

Aspek film Jackie Chan ini memiliki banyak hal yang membuatnya begitu menyenangkan dan mengasyikkan bagi para penggemarnya.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/19/183526866/jackie-chan-hampir-meninggal-saat-syuting-police-story-ini-yang-terjadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke