Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Film Dokumenter Maestro Indonesia Sorot Kisah Hidup Inspiratif Sulianti Saroso dan Ciputra

Kali ini, sosok yang diangkat di dalam cerita adalah Sulianti Saroso dan pengusaha sukses Ciputra.

Disutradarai oleh Riri Riza dan produser Mira Lesmana, Maestro Indonesia diharapkan bisa menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya membangun Indonesia sesuai dengan bidangnya.

Dengan konsep dokumenter berdurasi 15-20 menit, Riri Riza berharap film ini bisa menjadi pemantik untuk para generasi muda mencari tahu sosok-sosok yang diangkat di dalamnya.

"Kami berusaha mencari alur yang paling tepat. Film ini bisa dibilang sebagai pemantik karena generasi muda sekarang ketika mendengar sebuah nama sudah biasa melakukan riset lebih jauh," kata Riri dalam peluncuran Maestro Indonesia, Rabu (19/1/2022).

Ini bukan kali pertama duo Mira-Riri merilis karya dokumenter dalam tajuk Maestro Indonesia.

Pada 2016, mereka merilis dua episode yang mengangkat sosok Chairil Anwar (bidang sastra) dan Soejoedi Wirjoatmodjo (bidang arsitektur).

Setahun kemudian, mereka kembali merilis dua episode yang menceritakan kisah hidup Cornel Simanjuntak (bidang musik) dan Nucholish Madjid (bidang pembaharuan pemikiran & gerakan Islam di Indonesia).

Sosok Ciputra sendiri dikenal sebagai salah satu pengusaha properti yang sukses di Indonesia.

Selain berpengaruh dalam pembangunan sejumlah bangunan penting di Tanah Air, Ciputra juga menjadi sosok yang membantu Indonesia meraih penghargaan di cabang olahraga bulutangkis.

Sementara itu Profesor Dokter Sulianti Saroso dikenal sebagai inspirasi bagi para epidemiologi di Indonesia.

Dalam fase 1945-1949, Sulianti memimpin perempuan-perempuan untuk menyampaikan obat-obatan dan makanan kepada para pejuang di garis depan.

Namanya juga dikenal dengan dua terbosoan pentingnya, yakni di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular serta keluarga berencana (KB).

Dua episode terbaru dari Maestro Indonesia ini bisa disaksikan secara gratis dalam kanal YouTube Pembangunan Jaya dan Miles Films.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/19/175107566/film-dokumenter-maestro-indonesia-sorot-kisah-hidup-inspiratif-sulianti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke