Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

100 Lagu dalam 7 Tahun, Laleilmanino: Hari Ini Bersyukur Besok Berjuang

Selama 7 tahun berkarier, trio yang digawangi Lale (Maliq & D'Essentials), Ilman (Maliq & D'Essentials), dan Nino (RAN) itu telah menciptakan 100 lagu.

Ditanya rencana mereka ke depan, Nino menanggapi dengan santai.

"Rencana hari ini bersyukur, besok berjuang," kata Nino, usai konferensi pers dokumenter SVARA, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021).

Laleilmanino baru saja menyelesaikan proyek dokumenter SVARA "Perjalanan Bermakna di Balik Nada" yang menelisik kesenian tradisional di Bali, Yogyakarta, Cirebon, dan Jakarta.

Nino juga menuturkan ada niatan untuk memproduksi lagu campursari.

"Pengin banget sih. Kita enggak berani melabelkan genre musiknya karena kita kan enggak pernah melakukan langsung. Mau lagu Jawa, campursari, atau apapun kita tertarik banget sih buat eksperimen hal-hal yang belum pernah kita lakukan," tutur Nino.

Lebih lanjut, Nino juga cukup tahu dengan sejumlah musisi campursari di Indonesia.

"Kalau dengerin banget sih enggak. Tapi kalau dibilang tahu ya tahu. Denny Caknan, terus Ndarboy Genk, terus Didi Kempot pastinya," kata Nino.

Adapun dari perjalanan dokumenter itu Laleilmanino jadi tahu kesenian seperti Magenjekan dadi Bali atau tari Topeng Losari dari Cirebon.

Laleilmanino pun berhasil menciptakan empat lagu yang berkolaborasi dengan empat musisi Indonesia dan memasukkan unsur alat musik tradisional.

Bersama Baila Fauri yang bermukim di Bali, Laleilmanino membuat lagu "Kita Bukan Mereka".

Lalu ada "100 (Satu Kosong Kosong)" berduet dengan HIVI!, "Lukisan Kaca" bersama Rizky Febian, dan yang terakhir ada lagu "Jakarta" bersama Diskoria Selekta.

Seluruh episode dokumenter SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada” dapat disaksikan mulai tanggal 5 November 2021 melalui fitur JOOX Live.

Sedangkan empat lagu itu akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai tanggal 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi JOOX.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/10/28/120822566/100-lagu-dalam-7-tahun-laleilmanino-hari-ini-bersyukur-besok-berjuang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke