Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Respons Komisi Perdagangan soal Pelaporan Jungkook BTS atas Iklan Terselubung

Menurut seorang perwakilan dari komisi tersebut, pihaknya akan melakukan penelusuran lebih lanjut terkait tindakan yang dilakukan oleh Jungkook BTS.

Namun, dari fakta yang didapat hingga saat ini, kecil kemungkinan tindakan Jungkook bisa disebut sebagai iklan terselubung.

Pasalnya, dalam dua unggahan Jungkook di media sosial, member termuda BTS itu sama sekali tidak membicarakan pakaian yang ia kenakan.

"Komisi akan memverifikasi fakta lebih lanjut, tapi jika Jungkook belum bicara tentang kemeja yang dimaksud, maka komisi tidak akan menganggap tindakannya sebagai penipuan," kata seorang perwakilan Komisi Perdagangan dikutip Kompas.com dari Koreaboo, Senin (4/10/2021).

Jungkook dilaporkan karena dianggap telah merugikan pasar yang adil dan bebas.

Ketenaran Jungkook yang kini telah mendunia disebut bisa menarik minat konsumen dengan apa pun yang ia kenakan.

Seorang warga melaporkan Jungkook atas tudingan iklan terselubung karena beberapa kali menggunakan pakaian dengan merek dagang kakaknya sendiri, Six6uys.

"BTS adalah grup papan atas yang mewakili Korea Selatan. Bahkan jika Jungkook tidak secara pribadi membagikan ulasan mengenai produk yang dikenakan atau meminta penggemar membeli produk itu setelah ia mengunggahnya ke media sosial, merek dagang akan tetap menerima peningkatan keuntungan karena pakaian itu sering digunakan oleh Jungkook," demikian isi laporan warga atas Jungkook BTS.

"Dengan demikian, ini dapat merusak pasar yang adil dan bebas, yang merupakan sesuatu yang sangat dilarang oleh Komisi Perdangan Adil," lanjut isi laporan tersebut.

Sementara itu, HYBE Labels selaku agensi yang menaungi Jungkook belum memberikan pernyataan resmi terkait laporan ini.

Ada pun, para penggemar BTS yang disebut sebagai ARMY ramai-ramai mulai memberikan pembelaan pada Jungkook melalui media sosial.

Terbukti pada Sabtu, tanda pagar (tagar) #StandForJK sebagai bentuk pembelaan dari penggemar langsung melejit jadi trending topic.

"Butuh waktu lebih dari satu setengah tahun bagi JK untuk mengatasi skandal masa lalu dan akhirnya dia mulai melakukan solo vlive lagi. @BIGHIT_MUSIC apakah Anda akan membiarkan antis membuat skandal fitnah yang tidak berdasar terhadapnya dan merampas kebahagiaannya? Silakan ambil tindakan. #StandForJK," tulis akun @vivelavie_.

"Baru tahu apa yang terjadi dengan Jungkook kami. Dia bahkan tidak menyebutkan nama merek, lalu mengapa menargetkannya? Tolong tinggalkan dia sendiri demi dirimu sendiri, karena kalian tahu apa yang bisa dilakukan ARMY untuk melindungi," tulis akun @Aishawarya_X_BTS.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/10/04/074749966/respons-komisi-perdagangan-soal-pelaporan-jungkook-bts-atas-iklan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke