Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kanye West Sempat Murka, Sebut Universal Rilis Album Donda Tanpa Izin

Kanye mengungkap keluhannya itu di akun Instagram-nya @kanyewest.

"Universal mengeluarkan album saya tanpa persetujuan saya dan mereka menghalangi 'Jail 2' agar tidak ada di album," tulis West.

Dikutip dari Variety, sumber dari Universal menyebut tudingan West 'tidak masuk akal.'

"Jail Pt 2," lagu ke-24 di Donda awalnya tidak tersedia di layanan streaming hingga beberapa jam setelah lagu lain dalam album Kanye memulai debutnya.

Sebagai informasi, lagu "Jail Pt 2" merupakan lagu featuring DaBaby, penyanyi yang mendapat kecaman karena komentar homofobia yang dia buat di festival musik Miami bulan lalu.

Dalam unggahan Instagram yang telah dihapus pada Sabtu malam, Kanye membagikan tangkapan layar dari apa yang tampak seperti rantai pesan teks antara dia dan manajernya, Bu Thiam.

Pesan yang diunggah itu menunjukkan perilisan Donda mungkin tertunda karena dia tidak memiliki izin DaBaby untuk "Jail".

Dalam percakapan tersebut, ketika Bu menyarankan untuk mengeluarkan DaBaby dari album.

"Saya tidak akan melepaskan saudara laki-laki saya. Dia adalah satu-satunya orang yang mengatakan bahwa dia akan memilih saya di depan umum," balas West dalam pesan tersebut.

Di Amazon Music, "Jail" mencantumkan Warner dan Shawn Carter, alias Jay-Z, sebagai penulis lagu, sementara "Jail 2" mencantumkan Warner dan Jonathan Kirk, nama asli DaBaby.

West awalnya mengumumkan album Donda, nama untuk mendiang ibunya, pada tahun 2020.

Tanggal rilis akhirnya diumumkan pada 23 Juli 2021, sebelum dipindahkan ke 7 Agustus 2021 dan akhirnya dirilis Minggu (29/8/2021) malam.

Album Donda sendiri akhirnya dirilis dengan 27 lagu yang melibatkan banyak musisi ternama, seperti Jay-Z, Baby Keem, Pusha T, Kid Cudi, The Weeknd, Lil Baby, Travis Scott, Lil Yachty, Lil Durk, Young Thug, Jay Electronica.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/30/114307366/kanye-west-sempat-murka-sebut-universal-rilis-album-donda-tanpa-izin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke