Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Selebritas Ini Imbau untuk Terapkan Prokes di Tengah Lonjakan Kasus Positif Covid-19

Pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai 22 Juni hingga 5 Juli 2021 menjadi upaya yang dipilih pemerintah untuk mengendalikan laju penularan virus corona.

Vaksinasi Covid-19 juga mulai digencarkan di berbagai daerah untuk mencapai target herd immunity 70 persen.

Tak lupa, masyarakat juga diimbau untuk terus mematuhi protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Data yang dihimpun pemerintah hingga Rabu (23/6/2021) pukul 12.00 WIB menunjukkan ada penambahan 15.308 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Ini merupakan rekor tertinggi jumlah kasus harian Covid-19 selama pandemi berlangsung di Tanah Air.

Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.033.421 orang, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Mengenai hal tersebut, sejumlah pesohor dunia hiburan Tanah Air kembali menggalakkan mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Ada juga di antara mereka yang mengingatkan kepada pemerintah agar tetap fokus kepada pandemi Covid-19 demi memulihkan stabilitas ekonomi negara.

Hanung Bramantyo

Sutradara Hanung Bramantyo yang memberi pesan kepada Presiden Joko Widodo di hari ulang tahunnya yang ke-60 tahun pada 21 Juni 2021 kemarin.

Menurut Hanung Bramantyo, Jokowi masih memiliki tugas berat, yakni pemulihan ekonomi negara imbas dari pandemi virus corona.

Oleh karenanya, suami Zaskia Adya Mecca ini meminta Jokowi tidak perlu memikirkan dahulu pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Tak usah diberatkan dulu Pilpres 2024 ya, Pak. Fokus pada penanganan Covid-19 dulu," tulis Hanung Bramantyo dalam unggahan di akun Instagram @hanungbramantyo.

Berikut link unggahan Hanung Bramantyo, https://www.instagram.com/p/CQYVmEKhwVs/?utm_source=ig_web_copy_link.

Iwan Fals

Musisi senior Iwan Fals turut memberikan komentar atas lonjakan kasus pasien positif Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia.

Tidak banyak yang dikatakan. Hanya saja, Iwan Fals mengganti nickname akun Twitter miliknya menjadi "Oi Prokes Oiiii".

Sementara itu, Iwan Fals mengunggah gambar tabel mengenai perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia sambil menyematkan tulisan, "Wuiiih serem ya????".

Iwan Fals juga menambahkan sedikit komentar unggahan Twitter-nya itu dengan menuliskan, "barusan di tv 1 dari 8 anak Indonesia terpapar????".

Tidak terima dengan tudingan tersebut, Kiki Eks CJR yang kini tengah menjalani isolasi mandiri karena positif Covid-19 itu langsung meluapkan emosinya melalui unggahan di akun Instagram miliknya.

"Gue cuma posting di Instagram. Gue ingin membagikan, supaya orang-orang yang ketemu gue seminggu belakangan bisa aware dan menjaga diri, bisa swab. Tapi lo komen endorse. Enggak ada otaknya saja menurut gue," ucap Kiki.

Melihat dari data yang dihimpun pemerintah, Audi Marissa berujar, tingkat kematian anak karena Covid-19 di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia.

"Sebenarnya aku enggak habis pikir sama orang tua yang bawa anak-anaknya even BAYI nya ke MALL, cafe, cuma buat keinginan orang tuanya. Enggak mikirin anaknya banget," tulis istri Anthony Xie itu di Instagram Story-nya.

Audi Marissa mengatakan, ia tidak akan mengajak anaknya bepergian ke luar rumah karena tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Kemudian, Audi Marissa mengimbau kepada seluruh orangtua untuk bisa sedikit menekan egonya dengan tidak melibatkan anak-anak kecil ke dalam kerumunan.

"Memang bukan anakku yang kalian bawa, tapi jaga anak kalian. Aku tau gimana rasanya anak diinfus, dirawat di rs... sedihhh," ujar Audi Marissa.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/24/073031866/4-selebritas-ini-imbau-untuk-terapkan-prokes-di-tengah-lonjakan-kasus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke