Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sutradara Garin Nugroho Bocorkan Tips Ikut Audisi Mencari Siti

Audisi Mencari Siti adalah kolaborasi dari kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), www.indonesiakaya.com, dan sutradara Garin Nugroho.

Musikal online yang diadaptasi dari novel klasik berjudul Siti Nurbaya karya Marah Roesli ini akan diproduksi pada 2021.

Garin Nugroho mengatakan, para peserta audisi harus menggambarkan jati diri dalam video audisi yang akan diikuti.

“Sebenarnya kan kalau lagu di dalam drama musikal itu kan ada banyak fungsi, sebagai narasi, juga ekspresi,” ujar Garin Nugroho saat konferensi pers virtual, Selasa (8/12/2020).

Garin menuturkan agar peserta dapat mempergunakan video audisi tersebut sebagai tempat atau ruang untuk mengekspresikan diri.

“Di sinilah personalitas Anda yang dikatakan muncul, ‘saya sangat kuat’, misalnya (peran) Datuk Marringgi sebagai orang bengis, lakukan bengis saja atau satu lagu bisa lakukan semuanya,” kata Garin.

“Karena di dalam suatu lagu tidak hanya mengandung melodi, tetapi juga mengandung ekspresi dan karakter, gitu kira-kira,” tambah sutradara film Kucumbu Tubuh Indahku itu.

Program Director www.indonesiakaya.com Renitasari Adrian mengatakan, audisi ini diadakan guna mencari bakat-bakat baru seniman muda di Indonesia.

“Mencari Siti merupakan rangkaian program online untuk mencari talenta baru yang turut terlibat dalam serial drama musikal yang akan ditayangkan secara virtual,” ujarnya.

Sementara itu, audisi online ini bisa diikuti pria maupun wanita umur 18 - 35 tahun dari seluruh Indonesia yang memiliki kemampuan akting, vokal, dan menari.

Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya (gratis).

Selain itu, peserta juga harus merekam dua lagu audisi, yaitu lagu wajib dan lagu karakter peran yang diinginkan sesuai dengan materi video yang dapat dilihat di Instagram @indonesia_kaya.

Pemilihan lagu karakter terdiri dari tiga karakter utama, yaitu Siti Nurbaya, Datuk Meringgih, dan Samsul Bahri.

Peserta harus mengunggah kedua video audisi dalam satu postingan secara multiple di akun Instagram dengan tag @indonesia_kaya dan mencantumkan #MencariSiti.

Proses penilaian akan diseleksi langsung oleh sutradara Garin Nugroho.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/12/08/185640066/sutradara-garin-nugroho-bocorkan-tips-ikut-audisi-mencari-siti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke