Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raisa Sebut Tidak Mudah bagi Perempuan yang Berkarier di Industri Musik

Terlalu banyak hal-hal yang harus dikompromikan saat seorang perempuan memilih jalur karier sebagai musisi.

Raisa menyebutkan salah satu contohnya adalah soal penampilan.

Perempuan, khususnya penyanyi di industri musik Indonesia, kerap dituntut untuk berpenampilan seperti apa yang diminta, bukan apa yang mereka inginkan.

"Terutama di awal-awal karier ketika aku masih mencari jati diri. Aku boleh enggak sih bilang enggak mau? Ngerasa enggak PD dengan penampilan itu, memakai baju ini, rambut seperti ini, boleh enggak sih bilang enggak?" kata Raisa dalam webinar Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI), Rabu (21/10/2020).

Menurut istri Hamish Daud tersebut, sudah saatnya para perempuan memperjuangkan hal tersebut di industri musik Tanah Air.

Menormalisasi perempuan berkata tidak adalah kunci untuk perkembangan musik Indonesia.

"Tapi ya itu dia yang harus terus diperjuangkan semua cewek saat masuk industri musik. Mereka harus menormalisasi untuk bilang enggak mau untuk sesuatu yang tentang fisik, eksploitasi, kita say no it's okay," kata Raisa.

Masalah ekspektasi terhadap perempuan dan kerap dibanding-bandingkan dengan perempuan lain adalah masalah utama yang dianggap Raisa penting untuk dibenahi di industri musik saat ini.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/21/204417766/raisa-sebut-tidak-mudah-bagi-perempuan-yang-berkarier-di-industri-musik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke