Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Sutradara Film Tilik Tentang Gotrek yang Baru Main Film

"Pemain-pemain ekstra yang lain yang ada di truk-truk itu, itu semua baru pertama kali main film, dan kita emang pengin memberi itu kan enggak selalu soal materi, tapi juga soal pengetahuan," ungkap Agung dalam kanal YouTube Ravacana Films, dikutip Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Rupanya, kata Agung, hal ini merupakan siasat dari tim untuk sengaja mengajak orang-orang sekitar terlibat dalam film ini.

Terlebih, terlibatnya masyarakat ke dalam produksi film Tilik menjadikan pengalaman baru untuk mereka semua.

"Nah itu yang kami siasati jadi strategi. Yuk, coba kita ngajar orang-orang kampung buat main film, kita kasih pengalaman baru, kita kasih pengetahuan baru untuk mereka," ucap Agung menambahkan.

Sementara itu, Agung mengatakan ada seorang pemeran tambahan yang tergabung dan awalnya cukup kaku saat proses pembacaan naskah.

Namun siapa yang sangka ia justru terlihat natural saat masuk dalam set dan memulai adegannya.

"Di luar main talent, kita melibatkan banyak ekstras. Melibatkan supporting talent yang ada namanya Mas Gotrek," ujar Agung.

Gotrek berperan sebagai sopir truk yang membawa rombongan ibu-ibu.

"Dia seorang sopir truk yang baru pertama kali main film. Cuma punya basic main ketoprak dan lucunya ketika kita reading, dia kelihatan kaku banget. Ternyata ketika sudah main, sudah di set, ternyata dia luwes banget," tuturnya lagi.

Adapun para pemeran yang terlibat di antaranya ada Siti Fauziah, Brilliana Desy, Angelina "Punyk", Dyah Mulani, Luly Syahkisrani, Hardiansyah Yoga Pratama, Tri Sudarsono Gotrek, dan Ratna Indriastuti.

Tilik berkisah soal Dian, seorang kembang desa. Karena paras wajahnya, tidak sedikit lelaki yang mendekatinya hingga datang melamarnya.

Warga desa lantas bergunjing tentang status lajang Dian.

Dalam satu kesempatan perjalanan naik truk, dalam rangka menjenguk ( tilik) Bu Lurah di rumah sakit di kota, sosok Dian terus menjadi bahan gosip oleh Bu Tejo.

Selain itu ada sosok Yu Ning (Briliana Desy) yang selalu mengingatkan Bu Tejo untuk tidak memfitnah tentang Dian.

Perjalanan tilik naik truk oleh sekumpulan ibu-ibu itu malah menjadi penuh gosip.

Film pendek TIlik ditayangkan di YouTube Ravacana Films pada 17 Agustus 2020

https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/21/072204866/cerita-sutradara-film-tilik-tentang-gotrek-yang-baru-main-film

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke