Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekspansi ke Luar Negeri, Komik Gundala Dirilis Versi Bahasa Inggris

Bumilangit Entertainment selaku pemegang intelektual properti menggandeng Shogakukan Asia untuk menggarap ini.

Kerja sama ini agar segmen pembaca komik Indonesia bisa lebih luas dengan berekspansi ke luar negeri.

"Kami siap mendunia, jadi komik ini merupakan komik kami pertama yang hadir di kancah internasional bersama Shogakukan Asia," kata Bismarka Kurniawan selaku Founder dan CEO Bumilangit dalam jumpa pers di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/2/2020).

Versi komik dalam bahasa Inggris ini berjudul "Gundala Destiny" itu telah diedarkan di Malaysia, Singapura, Dan Brunei Darussalam.

Negara-negara Asia Tenggara lainnya pun segera disambangi.

"Antusiasme cukup bagus bahkan saya dapat laporan sold out. Karakter jagoan asli Asia itu rupanya dirindukan oleh pencinta komik negara lain," ujarnya.

Komik ini merupakan terjemahan bahasa Inggris dari komik "Gundala - Takdir" yang telah menjadi best seller dan mencapai cetakan keempat di dalam negeri.

Namun, Bismarka mengungkapan, pihaknya enggan mematok target penjualan di pasar luar negeri. 

"Setiap menerbitkan komik atau karakter yang pertama dilakukan adalah awareness building. Kami enggak ada target penjualan," ujar Bismarka.

Sementara itu, aktor Abimana Aryasatya selaku pemeran Gundala di dalam filmnya mengatakan, kehadiran komik ini akan mengisi kekosongan alur cerita sekaligus menjawab rasa penasaran para penggemar.

"Film dan komiknya saling melengkapi, jadi kemarin beberapa orang tanya 'gue pengin tahu background (tokoh) si Pengkor, dan itu disediakan di komik," ucap Abimana.

"Jadi berbeda (isinya), tetapi saling melengkapi, informasi yang belum tersedia di film akan ada di Komik," ujar Abimana.

Gundala adalah superhero bernama asli Sancaka yang hidup di jalanan sejak ditinggal ayah dan ibunya.

Menghadapi hidup yang keras, Sancaka belajar bertahan hidup dengan tidak peduli dengan orang lain dan hanya mencoba untuk mendapatkan tempat yang aman bagi dirinya sendiri.

Ketika situasi kota semakin tidak aman dan ketidakadilan merajalela di seluruh negeri, Sancaka harus buat keputusan yang berat, tetap hidup di zona amannya, atau keluar sebagai Gundala untuk membela orang-orang yang ditindas.

Film Gundala sudah tayang di bioskop pada Agustus 2019 yang disutradarai oleh Joko Anwar.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/02/01/203850766/ekspansi-ke-luar-negeri-komikgundala-dirilis-versi-bahasa-inggris

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke